Asah Naluri Anjing Pelacak

119
PENDEKATAN EMOSIONAL : Latihan bersama jajaran K-9 Polres se Polda Jateng di di lapangan Bhayangkara Polres Salatiga, Jumat (17/11). (DOK HUMAS POLRES SALATIGA)
PENDEKATAN EMOSIONAL : Latihan bersama jajaran K-9 Polres se Polda Jateng di di lapangan Bhayangkara Polres Salatiga, Jumat (17/11). (DOK HUMAS POLRES SALATIGA)

SALATIGA – Jajaran K9 Polres se-Polda Jateng menggelar latihan bersama dalam rangka meningkatkan kemampuan anjing pelacak di lapangan Bhayangkara Polres Salatiga, Jumat (17/11). Latihan ini juga bertujuan mempererat tali silaturahmi antar sesama pawang anjing jajaran Polda Jateng.

Latihan bersama yang diikuti oleh 14 Polres tersebut mengedepankan latihan pelacakan umum, bahan peledak, narkoba dan penangkapan pelaku tindak pidana yang melarikan diri. Dalam pelatihan tersebut, Aiptu Senen yang merupakan salah satu pawang K9 senior Polres Salatiga menjelaskan, dalam setiap aksi anjing pelacak berlaku sistem reward and punishment.

“Jika anjing tersebut berhasil, kita harus memberikan apresiasi seperti memberikan tepuk tangan atau memberi mainan. Hal ini bertujuan untuk merangsang naluri anjing. Namun jika salah, kita harus memberikan hukuman agar anjing tersebut mengetahui letak kesalahannya,” ujar Senen.

Selain faktor latihan, pawang juga harus mempunyai kedekatan emosional dengan satwa yang dipelihara. Merawat dan memberikan perhatian lebih adalah salah satu kunci agar satwa tersebut mau menuruti apa yang dimaui pawang.

Kapolres Salatiga AKBP Yimmy Kurniawan menjelaskan, kegiatan pelatihan ini bertujuan untuk melatih ketangkasan satwa K9.“Selain untuk melatih ketangkasan satwa K9 yang ada, latihan ini bertujuan untuk mempersiapkan diri dalam menghadapi operasi Lilin Candi 2017, Pilkada 2018 dan siaga bencana alam di wilayah Jawa Tengah,” kata Yimmy. (jpg/ton)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here