Nusantara Mengaji Ajak 50 Ribu Warga

185
KHATAMAN : Panitia Nusantara Mengaji menyiapkan tenda untuk acara khataman Alquran di Alun-Alun Kajen, Jumat (17/11) kemarin. (TAUFIK HIDAYAT/JAWA POS RADAR SEMARANG)
KHATAMAN : Panitia Nusantara Mengaji menyiapkan tenda untuk acara khataman Alquran di Alun-Alun Kajen, Jumat (17/11) kemarin. (TAUFIK HIDAYAT/JAWA POS RADAR SEMARANG)

KAJEN-Masyarakat Kabupaten Pekalongan bersama Nusantara Mengaji akan menggelar khataman Alquran dan doa untuk bangsa di Alun-Alun Kabupaten Pekalongan, hari ini Sabtu (18/11). Diperkirakan lebih dari 50 ribu jamaah dari berbagai daerah di Kabupaten Pekalongan, Pemalang, Batang dan Kota Pekalongan, akan membanjiri Alun-Alun Kajen kabupaten Pekalongan.

Hingga Jumat (17/11) kemarin, pihak panitia telah menyiapkan tenda di Alun- Alun Kajen.

Rencananya Khataman Alquran dimulai pukul 07.00 pagi yang dipimpin langsung oleh Ketua Dewan Penasehat Nusantara Mengaji, Dr KH Ahsin Sako Muhammad MA. Mereka akan mengkhatamkan Alquran lebih dari seribu kali. Selesai khataman akan digelar wayang santri yang didalangi oleh Ki Enthus Susmono.

Usai wayangan akan dimeriahkan dengan Haflah Tilawah yang dilantunkan oleh tiga qori juara international dari PTIQ Jakarta. Acara diakhiri dengan tausyiah dan orasi kebangsaan oleh inisiator Nusantara Mengaji, HA Muhaimin Iskandar.

Menurut Ketua Pelaksana, H Bisri Romli, khataman digelar untuk mendoakan para pendiri bangsa dan para pahlawan yang telah berjuang merebut serta mempertahankan kemerdekaan. Selain itu, khataman Alquran dimaksudkan mengajak masyarakat mendekati kitabnya. Terlebih Kabupaten Pekalongan merupakan Kota Santri yang memiliki tradisi mengaji usai salat magrib.

“Kecenderungan masyarakat dewasa ini lebih akrab dengan berita hoax dari pada Alquran. Maka gerakan gemar membaca Alquran kami gerakkan, ” ungkap Bisri Romli.

Deklarator Nusantara Mengaji, Ida Fauziyah menjelaskan bahwa khataman ini diharapkan, bisa memberi inspirasi kepada masyarakat Pekalongan dan bangsa Indonesia agar senantiasa dekat dengan kitab sucinya. “Setelah acara ini, saya berharap warga Pekalongan mengaji di rumahnya masing-masing,” imbuh Ketua FPKB DPR RI ini.

Sementara itu, Bupati Pekalongan, H Asip Kholbihi mengajak seluruh warga Pekalongan untuk hadir memeriahkan khataman Alquran. Pihaknya juga mewajibkan para kepala OPD dan jajarannya untuk turut serta dalam acara khataman Alquran ini. “Acara ini terbuka untuk umum. Ayo datang dan mengaji bareng supaya Pekalongan menjadi berkah. Ini majelis yang diberkahi, tidak ada majelis yang lebih mulia dari pada majelis yang di dalamnya dibacakan ayat-ayat Allah,” tutur Bupati Asip. (thd/ida)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here