32 C
Semarang
Selasa, 22 Juni 2021

1.000 Mahasiswa Siap Berlayar

MAGELANG – Sebanyak 1.000 mahasiswa dari Perguruan Tinggi Negeri Baru (PTNB) seluruh Indonesia siap mengikuti Pelayaran Kebangsaan Bela Negara Mahasiswa Indonesia dan Simposium Internasional Kemaritimam pada 15-19 Desember 2017 mendatang. Kegiatan pelayaran ini rencannya akan menggunakan KRI Banda Aceh.

Rektor Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur, Prof Teguh Soedarto mengatakan, program pelayaran kebangsaan ini berasal dari Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi dimana sebagian besar panitianya merupakan Perguruan Tinggi Negeri Baru (PTNB). Meliputi UPN “Veteran” Jawa Timur, Politeknik Maritim Negeri Indonesia, Universitas Maritim Raja Ali Haji, Universitas Teuku Umar, Institut Teknologi Kalimantan, UPN “Veteran” Jakarta, Universitas Singaperbangsa Karawang, Universitas Tidar Magelang, UPN “Veteran” Yogjakarta, Universitas Sulawesi Barat, Universitas Timor, dan Universitas Musamus.

Pelayaran Kebangsaan Bela Negara ini akan menggunakan KRI Banda Aceh dengan rute pelayaran dari Dermaga Ujung, Komando Armada RI Kawasan Timur (Surabaya) menuju Kolinlamil, Komando Armada RI Kawasan Barat (DKI Jakarta). “Syarat peserta dalam kegiatan PKBN adalah surat keterangan sehat, memiliki orientasi minat kemaritiman/kelautan dan cinta bahari, minimal mahasiswa semester III, serta telah mengikuti mata kuliah pancasila dan kewarganegaraan,” kata Teguh dalam rapat koordinasi PKBN di Ruang Rapat Rektorat Universitas Tidar, Rabu (15/11).

Rektor Untidar Prof Cahyo Yusuf yang juga Koordinator Wilayah Jawa siap mendukung kesuksesan acara PKBN tersebut. PKBN merupakan tindak lanjut dari deklarasi 36 pimpinan Perguruan Tinggi Negeri Baru (PTNB) sebagai kampus bela negara pada 20 Oktober 2016 silam di kampus Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur Surabaya. “Untidar siap berpartisipasi, banyak mahasiswa yang sudah mendaftar tapi harus kami seleksi terlebih dahulu. Diperlukan kondisi fisik dan mental yang prima, serta kami utamakan mahasiswa dengan prestasi unggul,” jelas Cahyo. (cr3/ton)

Latest news

Related news

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here