Waspadai Ada 60 Lubang di Jalur Pantura Batang

100
TANDAI JALAN RUSAK : Anggota Satlantas Polres Batang dipantau langsung Kasatlantas ALP M Adiel Aristo saat melakukan penandaan di jalur yang rusak dan bergelombang di Jalan Jendral Sudirman Batang, Selasa (17/10) kemarin (LUTFI HANAFI /JAWA POS RADAR SEMARANG).
TANDAI JALAN RUSAK : Anggota Satlantas Polres Batang dipantau langsung Kasatlantas ALP M Adiel Aristo saat melakukan penandaan di jalur yang rusak dan bergelombang di Jalan Jendral Sudirman Batang, Selasa (17/10) kemarin (LUTFI HANAFI /JAWA POS RADAR SEMARANG).

BATANG–Satuan Polisi Lalulintas (Satlantas) Polres Batang memperingatkan para pengendara yang melewati jalur pantura Batang agar berhati-hati. Pasalnya, hampir sepanjang jalan mulai dari masuk Batang dari arah Semarang hingga keluar Batang yang berbatasan dengan Kota Pekalongan, banyak jalan rusak, berlubang dan bergelombang.

“Rata rata jalan rusak bergelombang, akibat aspal meleleh serta pergeseran tanah. Dari data sementara, ada lebih dari 60 titik retakan di jalan cor beton. Bagi pengendara, khususnya dari luar kota yang belum paham jalan Batang, harap berhati-hati,” imbau Kasatlantas di sela-sela kegiatan pemberian tanda dengan pilox warna putih, Selasa (17/10) kemarin.

Diungkapkan Kasatlantas Polres Batang AKP M Adiel Aristo, saat ini ada sekitar 60 lubang di sepanjang jalur pantura Batang dengan berbagi ukuran kedalaman dan lebar. Namun jalan bergelombang hampir merata di sepanjang jalur pantura.

Beberapa lokasi yang dianggap cukup rawan adalah di sepanjang jalur tengah kota yaitu di Jalan Jendral Sudirman. Kemudian di jalur Tulis Batang, serta di beberapa ruas jalan yang sudah di cor beton, banyak retakan melintang.

Dari pemeriksaan Satlantas Polres Batang, jalan banyak bergelombang diakibatkan tekanan kendaraan dengan bobot besar. Terlebih di jalur tersebut, banyak lampu merah. Sehingga kendaraan dengan bobot besar kerap berhenti dan mengerem. Akibatnya jalan tertekan, sehingga aspal bergelombang.

Untuk itu, pihaknya bersama tim Satlantas Batang langsung bergerak dengan melakukan pemeriksaan seluruh jalan di pantura Batang. Kemudian memberikan tanda di lokasi yang rusak, bergelombang maupun yang berlobang. Tujuannya agar pengendara mengetahui bahwa jalan tersebut dalam keadaan rusak, sehingga lebih berhati-hati.

Selain memberikan tanda di jalan yang rusak, pihaknya juga langsung berkirim surat kepada pihak yang berwenang dalam perawatan jalan tersebut. Harapannya, agar jalan segera diperbaiki atau minimal ditambal dan jalan yang bergelombang dilakukan pengerukan agar rata kembali. “Selama ini, baru kami yang bertindak, karena belum ada tindakan mandiri dari pihak yang bertanggung jawab atas jalan tersebut. Namun surat sudah kami ajukan kepada mereka dan semoga segera dilakukan perbaikan dalam waktu dekat,” ujarnya lagi.

Saat ditemui di lokasi, penanggung Jawab Pelaksana Perbaikan Jalan Kendal Pemalang, Dodi Irawan mengatakan bahwa saat ini sudah ada pengerjaan pengerukan jalan berlubang, namun baru jalan tertentu saja.

“Tahun ini kami fokus perbaikan aspal di jalur pantura, baik dengan menambal maupun dengan pengerukan jalan yang bergelombang. Baru di Jalan Jendral Sudirman beberapa titik sudah kami keruk, selebihnya belum,” jelasnya.

Terkait banyaknya jalan bergelombang, pihaknya meyakinkan bukan masalah kualitas aspal yang buruk. Namun akibat terkena tekanan kendaraan dengan bobot besar, sehingga jalan tidak kuat. Ditambah kondisi jalan yang panas, sehingga aspal mudah bergerak dan bergelombang.

Rusaknya aspal sebenarnya bisa diperbaiki secara permanen dengan cara dilakukan betonisasi pada jalur yang mudah rusak. Namun saat ini, tidak bisa dilakukan karena bisa menyebabkan arus lalulintas macet parah.

“Sesuai keputusan pimpinan, pelaksanaan pengecoran beton di jalur pantura, baru bisa dikerjakan setelah jalur tol Pemalang Semarang bisa dilalui dengan normal. Sehingga tidak menimbulkan kemacetan. Karena sudah ada jalur alternatif lain yang lebih bagus,” tandasnya. (han/ida)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here