Ratusan Tenaga Kerja Berebut Lowongan Kerja

103
JOB FAIR : Wakil Bupati Pekalongan, Arini Harimurti saat membuka acara Kajen Job Fair di GPU Kajen, Selasa (17/10) kemarin (TAUFIK HIDAYAT/JAWA POS RADAR SEMARANG).
JOB FAIR : Wakil Bupati Pekalongan, Arini Harimurti saat membuka acara Kajen Job Fair di GPU Kajen, Selasa (17/10) kemarin (TAUFIK HIDAYAT/JAWA POS RADAR SEMARANG).

KAJEN–Sebanyak 700 tenaga kerja dari berbagai daerah, berebut peluang lowongan pekerjaan pada acara Kajen Job Fair yang dibuka oleh Wakil Bupati Pekalongan, Arini Harimurti, di Gedung Pertemuan Umum (GPU) Kabupaten Pekalongan, Selasa (17/10) kemarin.

Meski acara Kajen Job Fair membuka pendaftaran melalui online, namun ratusan warga tetap memilih antre berdiri di depan pintu gerbang. Bahkan, tidak sedikit yang datang sejak pukul 07.30, meski Kajen Job Fair dibuka pukul 09.00. Mereka sengaja datang lebih awal agar mendapatkan formulir yang disediakan pihak perusahaan.

Wakil Bupati Pekalongan, Arini Harimurti, mengungkapkan rasa terimakasihnya kepada penyelenggara dan peserta Job Fair. Pihaknya berharap acara tersebut dapat dimanfaatkan sebaik–baiknya. Karena banyak perusahaan besar yang terkenal ikut dalam Kajen Job Fair.

“Kami berharap dengan adanya Kajen Job Fair, tidak ada lagi korban penipuan tenaga kerja dan tidak ada lagi tenaga kerja yang terlantar karena ketidaktahuannya ketika menandatangani kontrak kerja. Kami juga berharap, dengan adanya Kajen Job Fair, dapat mengurangi angka pengangguran di Kabupaten Pekalongan,” kata Arini.

Bagi para pencari kerja yang belum mendapatkan pekerjaan, imbuhnya, sebaiknya memilih berwiraswasta. Karena Kabupaten Pekalongan sesungguhnya memiliki banyak potensi besar yang dapat dijadikan sebagai media untuk berwirausaha.

Dengan menjadi enterpreneur, bukan hanya membuat pekerjaan untuk diri sendiri, namun dapat menciptakan pekerjaan bagi masyarakat luas. Selain itu, peluang untuk mendapatkan penghasilan yang lebih besar lebih terbuka ketimbang hanya menjadi karyawan. “Ayo berinovasi menciptakan lapangan pekerjaan. Jika punya kemampuan, jangan ragu untuk berwirausaha,” kata Wabup Arini.

Sementara itu, Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Tenaga Kerja Kabupaten Pekalongan, Edi Heriyanto menjelaskan bahwa ada 50 perusahaan yang ikut dalam Kajen Job fair 2017. Mereka terdiri atas 15 perusahaan lokal dan 35 perusahaan nasional atau luar daerah dengan jumlah lowongan pekerjaan sebanyak 2.634 formasi.

Menurutnya, mekanisme Kajen Job Fair 2017 menggunakan sistem komputerisasi, sehingga pencari kerja tidak perlu antre pada saat pelaksanaan Job Fair. Pasalnya, sudah jauh hari sebelum pelaksanaan, mereka sudah mendaftarkan diri di website dunia kerja.com. Sehingga saat pelaksanaan job fair, mereka cukup melakukan pemeriksan data untuk melamar di perusahaan yang diinginkan tanpa membawa berkas lamaran apapun. “Mekanisme ini sangat praktis serta memudahkan perusahaan dalam memperoleh data lengkap pencari kerja sesuai yang dibutuhkan,” jelas Edi. (thd/ida)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here