Mr P Mengecil

Others

Tanya dr Andi:

Mr P saya rasanya semakin kecil saja. Terutama dalam 2 tahun terakhir. Memang kami jarang berhubungan intim. Karena kesibukan yang padat. Saya berusia 43 tahun, sedangkan istri usia 34 tahun. Selain itu rasanya Mr P juga kurang keras. Apakah ini bisa diatasi dok? Terimakasih.

(U di Smg)

Jawab dr Andi:

Ukuran penis memang ditentukan oleh: keturunan, genetika, kadar hormon pertumbuhan, hormon androgen, nutrisi/ asupan gizi, kondisi kesehatan secara umum, kondisi metabolik tubuh, dan banyak lagi.

Penis terdiri dari jaringan ikat, otot polos, pembuluh darah, yang semuanya itu berkembang cepat saat akil balig. Pertumbuhan jaringan penis bisa mencapai 250-300 persen dalam waktu beberapa bulan- 1 tahun. Ini tidak mengherankan karena ada peranan hormon pertumbuhan atau growth hormon, serta hormon androgen. Setelah usia akil balig selesai, maka pertumbuhan sel kembali melambat.

Pada pria dewasa yang jarang melakukan hubungan intim, serta jarang mengalami ereksi, sel otot polos penis akan mengalami atrofi atau pengecilan. Ini sesuai dengan hukum efisiensi pada tubuh. Bila tubuh ‘merasa’ ada satu bagian yang tidak difungsikan/tidak dipakai, maka akan terjadi penyusutan, dan pengecilan bagian tersebut. Contohnya otot yang jarang dipakai akan mengecil dan menyusut. Begitu juga penis.

Di sisi lain, semakin tua usia pernikahan, wajar bila terjadi penurunan frekuensi hubungan intim. Ini ada hubungannya dengan penurunan kadar hormon androgen. Ereksi pun menjadi kurang keras. Sering disertai gairah seksual yang menurun. Yang tadinya mudah terangsang bila kesenggol istri, sekarang menjadi mudah mogok dan mudah lelah. Mungkin itu yang menjadi inspirasi lagu “jablay” alias jarang dibelai??

Untuk mengatasi pengecilan penis lebih lanjut, bisa diusahakan dengan meningkatkan kembali frekuensi hubungan intim, serta ada usaha untuk banyak bermesraan dengan istri. pengecilan penis ini bisa sangat drastis, sehingga penis berkurang panjangnya sampai 30 persen. Ini akan menurunkan kepercayaan diri suami. Di lain pihak, istri juga jangan mengolok-olok kecilnya penis suami. Dikatain ‘mini’, size S, atau liliput dll. Kami sering mendengar keluhan suami bahwa istrinya sering mengolok2. Tapi bila ini disadari, suami tentunya juga pasti berusaha memuaskan istrinya sendiri, dan sebaliknya, istri yang bisa puas, akan membuat suami juga merasa pede. (www.dokterAndi.com)

Kepustakaan:

Dillon BE, Chama NB,  Honig SC. Penile size and penile enlargement surgery: a review. Intl J Impotence Res (2008) 20, 519-39

Stay Connected

12,286FansSuka
35PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

Latest News

Semut Raksasa

Related News

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here