31 C
Semarang
Rabu, 12 Mei 2021

BNN Sasar Penghuni Lapas Bulu

SEMARANG – Badan Narkotika Nasional (BNN) Provinsi Jateng menggelar tes urine kepada wrga binaan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Wanita Kelas II A Semarang atau lebih dikenal dengan Lapas Bulu, Selasa (3/10) sekitar pukul 19.30 WIB.

“Ini merupakan kegiatan operasi bersinar oleh BNN Jateng sebagai bentuk pencegahan dan pemberantasan peredaran gelap narkotika di dalam Lapas,” ungkap Kabid Berantas BNN Jateng Suprinarto di sela-sela kegiatan.

Suprinarto menjelaskan, selain tes urine mereka juga menjalani tes pupil mata. “Ada 100 orang yang kita dalami. Hasilnya sementara ini belum ditemukan yang positif,” ujarnya. Operasi Bersinar ini, lanjut Suprinarto, tidak berhenti di Lapas Bulu saja, tapi juga akan dilakukan di lapas-lapas lain yang ada di Jateng.

Sementara Kepala Lapas Kelas II A Semarang, Asriati mengatakan, sejauh ini tidak ditemukan yang hasilnya positif. “Di sini jumlahnya ada 393 napi. Tadi 393 sudah di cek semua pupil mata dan diambil tes urine 97 orang, sampel. Hasilnya tidak ada yang positif,” katanya.

Pihaknya mendukung adanya kegiatan tersebut, karena sebagai upaya pencegahan narkoba terhadap para penghuni lapas. “Kita juga sepenuhnya menyerahkan semuanya ke BNN,” katanya.

Asriati mengatakan, pengawasan terhadap warga binaannya di dalam lapas sangat ketat. Pengetatan ini juga diberlakukan kepada siapapun termasuk para pengunjung. Hal ini dilakukan supaya tidak terjadi hal yang buruk termasuk mengantisipasi peredaran narkoba di dalam lapas.

“Pengunjung maupun keluarga yang masuk diperiksa petugas. Semua dompet, handpone tidak boleh masuk. Harus dititipkan di loker. Nanti napi yang mau masuk digeledah lagi,” tegasnya. (tsa/zal)

Latest news

Related news

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here