31 C
Semarang
Kamis, 13 Mei 2021

HNSI Gelar Lomba Dayung

KENDAL—Himpunan Nelayan Seluruh Indonsia (HNSI) Kendal bekerja sama dengan Dukuh Barusari, Kelurahan Kalibuntu Kecamatn Kendal Kota Kendal menggelar lomba dayung. Lomba digelar untuk mencari bibit-bibit unggulan atlet dayung, mengingat dari Kendal minim perwakilan atlet dayung.

Lomba yang digelar di Sungai Dukuh Saribaru dibarengkan dengan acara Sedekah Laut dan Sedekah Bumi. Cukup meriah, karena peserta sebanyak 16 regu merupakan para nelayan kabupatena Kendal. Yakni dari Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Tawang, TPI Gempolsewu, TPI Bandengan, TPI Tanggulmalang dan TPI Karangsari.

“Saat ini cabang olahraga dayung di Kendal bisa dibilang mati suri. Sebab sudah tiga kali even Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Jateng, Kendal tidak mengirimkan atletnya. Jadi lomba ini sebagai inisatif untuk mencari bibit-bibit atlet. Terutama atlet muda-muda,” tuturnya.

Zaenal mengatakan, kegiatan lomba ini juga untuk mencegah anak-anak muda dari pergaulan seks bebas dan minuman keras dan narkoba. “Kegiatan ini juga untuk mencegah anak-anak muda dari narkoba dan minuman keras,” katanya.

Koordinator Lomba, Ngatono mengatakan kegiatan sekedah laut dan sekedah bumi ini baru pertama kali digelar di Dukuh Saribaru sebagai pertanda dibukanya TPI Pembantu Saribaru. Kegiatan yang digelar di antaranya, larung sesaji, hiburan musik dangdut, barongan dan pengajian umum.

Panitia memberikan hadiah uang pembinaan untuk juara pertama Rp. 1,5 juta, juara kedua Rp. 1 juta, sedangna juara ketiga dan keempat masing-masing mendapat Rp. 500 ribu. Empat peserta terbaik yaitu kelompok Sabuk Inten, Kyai Nogososro, Mbah Kemangi dan Doa Ibu. (bud/ida)

Latest news

Related news

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here