26 C
Semarang
Jumat, 11 Juni 2021

Minta Pelajar Cintai Batik

GUBERNUR Ganjar Pranomo meminta generasi muda ikut berperan aktif melestarikan batik. “Saat ini batik sudah menjadi warisan dunia dan Unesco sudah menetapkannya sebagai heritage sejak 2009,” kata Ganjar Pranowo di hadapan ratusan pelajar dan guru dalam acara Gubernur Mengajar di SMA Negeri 1 Sokaraja, Kabupaten Banyumas, Senin (2/10) kemarin.

Ganjar memberikan apresiasi atas kreasi dan inovasi para perajin batik yang tersebar di Jawa Tengah terkait desain, corak, serta media. Ganjar memuji bahwa inovasi pembatik muda sekarang luar biasa. “Banyak sekali coraknya, sehingga semuanya sekarang memakai batik.”

Mantan anggota DPR RI itu berpendapat, batik merupakan busana paling luwes. Sebab, bisa dipadu-padankan dengan berbagai bahan pakaian yang lain. Ganjar mengaku bangga dengan batik karena mendiang Presiden Afrika Selatan Nelson Mandela, mengoleksi batik dari Jateng. “Presiden Nelson Mandela itu lemarinya isinya batik semua, batiknya dari mana coba? Dari Pekalongan, Jawa Tengah,” kata Ganjar.

Sebagai upaya melestarikan batik, Ganjar meminta para pelajar meningkatkan kecintaannya terhadap batik. “Tidak hanya sekadar cinta, namun juga harus mendalami batik secara total dengan memahami corak-corak batik yang dimiliki Indonesia.”

Dalam acara tersebut, Ganjar sempat meminta para pelajar menyebutkan berbagai corak batik yang ada dan menyanyikan tembang macapat. Pelajar yang bisa menjawab sejumlah pertanyaan, mendapat hadiah tabungan pelajar dari Bank Jateng. (jpg/isk)

Latest news

Garuda Ayolah

Related news

Rezeki Selebgram

Tambah Kaum Marhaen

Jumat Wajib Makan Soto

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here