Pendapatan Hotel Naik 400 Persen

  • Bagikan

SEMARANG – Sejumlah hotel di Kota Semarang dan sekitarnya diuntungkan dengan gelaran Pekan Olahraga Pelajar Nasional (Popnas), beberapa waktu lalu. Terhitung ada 31 hotel yang menjadi tempat penginapan atlet dan official yang berpartisipasi dalam helatan multievent tersebut. Masing-masing hotel rata-rata bisa meraup Rp 700 juta dari okupansi kamar serta food and baverage (F&B). Angka itu naik sekitar 400 persen dari hari biasa.

Koordinator penginapan kontingen Popnas, Mia Permatasari menjelaskan biasanya pemasukan hingga Rp 700 juta itu didapat selama satu bulan. “Tapi saat Popnas ini, hanya dalam seminggu saja,” ucapnya saat acara syukuran di Semarang Island, Jumat (29/9).

Wanita yang juga bekerja di Hotel Puri Garden Semarang ini mengaku, pendapatan itu didapat karena nyaris semua kamar di 31 hotel, full house. Saking ramainya, semua hotel itu pun harus merekrut tenaga part time dari SMK dan perguruan tinggi jurusan perhotelan. “Rata-rata mereka merekrut 15 tenaga part time,” imbuhnya.

Penambahan karyawan paruh kerja itu merupakan upaya pihak hotel agar bisa melayani seluruh tamu sesempurna mungkin. Usaha itu pun tidak sia-sia karena mereka mendapat apresiasi dari pihak Kementeri Pemuda dan Olahraga (Kemenpora). “Tingkat kepuasan pelayanan kami cukup tinggi. Bahkan mendapat acungan jempol dari Kemenpora. Selain itu, tidak ada tamu yang komplain,” tegasnya.

Ke depan, para marketing 31 hotel tersebut sepakat untuk membuat asosiasi. Asosiasi itu diharapkan mampu mempererat komunikasi antar marketing untuk makin menggairahkan industri perhotelan di Kota Semarang dan sekitarnya. Mia mengaku, sebelum ada Popnas, hubungan mereka tidak seerat seperti sekarang. “Rencananya mau bikin asosiasi sales hotel biar makin rame dan kompak,” terangnya.

Di lain pihak, Kepala Bidang Keolahragaan Dinas Kepemudaan, Olahraga, dan Pariwisata (Disporapar) Jateng, Effendi Hari menambahkan, pihaknya juga mengapresiasi perhotelan yang telah menampung para kontingen Popnas. Selain pelayanan akomodasi, dari sisi konsumsi juga memuaskan.

“Kami mengucapkan terimakasih karena telah menampung atlet dan official yang terlibat di Popnas, kemarin. Tidak ada satu pun yang komplain mengenai akomodasi dan konsumsi di penginapan,” tegasnya. (amh/zal)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *