Beranda Inspirasi Luangkan Waktu Bersama Keluarga

Luangkan Waktu Bersama Keluarga

Others

DI TENGAH kesibukannya yang begitu luar biasa, Muh Zen selalu menyampatkan waktu luang bersama keluarganya. Untuk mensiasatinya, biasanya satu minggu sekali mengajak keluarga pergi sekadar jalan-jalan maupun berwisata. Misalnya mengunjungi tempat wisata sejarah, maupun ke destinasi alam terbuka di Jawa Tengah.

“Kebetulan keluarga suka dengan pemandangan alam dan pegunungan. Bisa untuk refresh dengan melihat keindahan alam,” katanya.

Menurutnya, sesibuk apapun aktifitas pekerjaan, harus bisa meluangkan waktu berkumpul dengan keluarga. Selain untuk memperkuat emosional, juga sebagai kunci keharmonisan dalam rumah tangga. “Tidak hanya sebatas itu, dengan berkumpul akan bisa memantau perkembangan anak sejauh mana,” kata ayah dari Zaidan Zoberio Zen Muhammad, 12, dan Rihna Tahmizia Rahmania Wahda, 7, itu.

“Sembari berwisata atau jalan-jalan, kita bisa mengetahui perkembangan anak sejauh mana,” imbuh Zen.

Jalan-jalan juga bisa dijadikan sebagai sarana dan wujud tanggung jawab pendidikan kepada keluarga. Karena bagaimanapun juga, keluarga memegang peranan penting dalam mendidik dan mengajarkan pendidikan karakter kepada anak-anak.

“Pendidikan tak hanya di rumah dan sekolah. Dengan jalan-jalan ini juga bisa menjadi sarana belajar dan lebih memahami alam,” tambahnya.

Keluarga besarnya juga selalu memberikan dukungan penuh agar ia terus berkomitmen dalam dunia pendidikan. Untuk itulah, ia harus memberikan bekal pendidikan yang bagus untuk keluarganya.  Tanpa dukungan keluarga, ia tidak yakin bisa terus berkomitmen dan berjuang untuk ikut berkontribusi meningkatkan pendidikan di Jateng.

“Keluarga itu sebagai penyemat hidup, jadi saya harus seoptimal mungkin memberikan yang terbaik buat mereka (keluarga, red),” akunya.

Ia mengingatkan, agar masyarakat atau orang tua harus selalu memperhatikan pendidikan anak-anaknya. Jangan hanya menyerahkan semuanya ke pendidikan formal saja. Apalagi, saat ini kebanyakan pendidikan formal masih belum sepenuhnya memberikan pendidikan keagamaan. Padahal, pendidikan agama merupakan bekal utama anak-anak untuk masa depan.

“Pendidikan agama itu penting, jadi kalau anak-anak di sekolah formal orang tua harus perhatian dengan memberikan bekal ilmu agama,” tegasnya.

Kondisi saat ini memang banyak yang kurang memperhatikan pendidikan anak-anak muda. Ini terlihat dengan banyaknya orang tua yang hanya menyerahkan pendidikan anak mereka di sekolah saja. Padahal, hal itu jelas tidak benar, mengingat justru dari keluarga pendidikan dimulai. Karena apa yang dilakukan dan yang dikatakan keluarga akan menjadi panutan anak-anak.

“Pendidikan lingkungan juga penting. Karena ketika lingkungan bagus, anak-anak akan memiliki pendidikan karakter dan bisa menganut sesuatu hal yang bagus dan patut,” tandasnya. (fth/zal)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

12,293FansSuka
35PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

Latest News

Huawei HSBC

Tanpa Angpao

Naik Lagi

Related News

Huawei HSBC

Tanpa Angpao

Naik Lagi

Penantian D-dimer