31 C
Semarang
Rabu, 12 Mei 2021

Siapkan 23 Ribu E-Money

Untuk Gerbang Tol Gayamsari dan Muktiharjo

SEMARANG Dua gerbang tol yang ada di Semarang, yakni Tol Gayamsari dan Muktiharjo, mulai Sabtu (30/9) hari ini, akan menggunakan pembayaran non tunai bagi mobil yang masuk ataupun keluar dari tol tersebut. Hal itu membuat Himpunan Bank Negara (Himbara) yang terdiri atas BRI, BNI, BTN dan Mandiri menyediakan 23 ribu kartu bagi pengendara belum memiliki kartu e-money.

Himbara sendiri telah menyatakan kesiapannya untuk menyediakan ribuan kartu tersebut. Rencananya, Jasa Marga akan mengalokasikan 10 ribu kartu untuk gerbang tol Gayamsari dan 13 ribu lainnya untuk pintu tol Muktiharjo.

“Kami sudah berkoordinasi dengan Bank Indonesia yang merupakan koordinator Himbara. Kami sudah menyatakan siap menyediakan kartu e-money,” kata CEO Bank Mandiri Jateng dan DIJ Maqin Norhadi, kemarin.

Ia menerangkan, pihaknya juga memberikan diskon hingga akhir bulan ini, yakni setiap pembelian seharga Rp 50 ribu akan mendapatkan kartu dengan saldo Rp 40 ribu. “Jika pada hari biasa hanya akan mendapat Rp 30 ribu, karena yang Rp 20 ribu digunakan untuk mengganti biaya kartunya,” jelasnya.

General Manager Jasa Marga Cabang Semarang, Dwi Winarsa, menerangkan, jika pihaknya tidak khawatir akan mengalami kekurangan kartu di dua pintu tol tersebut. Menurut dia, Tol Gayamsari dan Muktiharjo jumlah transaksinya tidak begitu besar. “Tentu lebih besar dari pada Manyaran dan Tembalang, jadi kami tidak khawatir kekurangan kartu,” ujarnya.

Menurut dia, saat ini minat masyarakat menggunakan transaksi nontunai terus mengalami peningkatan. Dalam tiga bulan terakhir, lanjut dia, tercatat hanya 20 persen pembayaran yang menggunakan nontunai. Namun saat ini terus mengalami kenaikan, bahkan menyentuh angka 38 persen.

Predeksi ke depan, lanjut dia, pembayaran nontunai akan terus meningkat di Tol Gayamsari dan Muktiharjo. Sebab, pada 31 Oktober 2017 mendatang diberlakukan 100 persen nontunai. (den/aro)

Latest news

Related news

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here