31 C
Semarang
Selasa, 11 Mei 2021

Kenalkan Sejarah Lewat Film

DEMAK-Dinas Perpustakaan dan Arsip Pemkab Demak secara intensif mengenalkan sejarah lewat pemutaran film yang dikumpulkan dari Arsip Nasional. Ternyata, hal tersebut menjadi daya tarik bagi para pelajar dan pengunjung perpustakaan tersebut.

Staf Kearsipan, Mustoriyah mengatakan bahwa pemutaran film ini sebagai salah satu upaya memasyarakatkan arsip agar sejarah tak terlupakan oleh generasi penerus. “Film film ini kami dapat duplikasinya dari Arsip Nasional. Kami minta untuk melengkapi koleksi arsip sejarah di Perpusda,” katanya.

Arsip arsip film ini dialihmediakan agar dapat tersimpan dengan baik. “Film film yang kami koleksi, ada berbagai macam judul. Ada Si Unyil hingga Bung Karno. Film diputar untuk ditonton bersama. Ternyata, para pelajar banyak yang datang menonton,” katanya.

Selain film, foto foto kegiatan juga menjadi dokumentasi penting yang turut mewarnai sejarah bangsa, termasuk di Demak. Kepala Dinas Perpustakaan, Tatik Rumiyati mengatakan, selain kerasipan terus mengoleksi film dan arsip lainnya, pihaknya juga mengoleksi buku untuk pembaca.

“Untuk buku, perpustakaan sudah mengoleksi sekitar 50 ribu judul buku. Setiap tahun kami anggarkan Rp 100 juta untuk pengadaan buku, termasuk buku elektronik (E-Book),” kata Tatik. Menurutnya, judul buku yang dibeli tergantung permintaan pengunjung. Ada yang buku pertanian, keterampilan, agama dan lainnya. (hib/ida)

Latest news

Related news

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here