32 C
Semarang
Selasa, 15 Juni 2021

Tingkatkan Kemampuan Bisnis Pengrajin

SEMARANG- Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kota Semarang terus berupaya meningkatkan kemampuan bisnis pengrajin, serta menumbuhkan masyarakat cinta dan aktif dalam pengembangan kerajinan.

Ketua Dekranasda Kota Semarang Krisseptiana Hendrar Prihadi mengungkapkan bahwa selama ini pihaknya memiliki misi pengembangan usaha dan fasilitasi kerajinan, dan mengembangkan media komunikasi dan sentra kerajinan berbasis pemberdayaan masyarakat.

“Misi tersebut kami terapkan melalui pelatihan batik, pelatihan pembuatan cinderamata, pelatihan produk tekstil, pelatihan sablon, pelatihana pengolahan limbah, pelatihan pemanfaatan daur ulang, dan pelatihan usaha lainnya,” ujarnya.

Selain itu Dekranasda juga memiliki program kerja bidang pengembangan usaha, yaitu fasilitasi dengan pihak perbankan dan Dinas Koperasi serta kerjasama investasi IKM Kriya dan kerjasama pemasaran Kriya, serta pengembangan pasar domestik dan pasar ekspor.

“Kami juga melakukan program pameran dan kerjasama luar negeri di antaranya kerja sama dengan Disperindag dan IFC pada peragaan busana Semarang Industri Fashion, Kadin dan IFC,” jelas Tia, sapaan akrabnya.

Selain itu juga memberi fasilitas pemasaran melalui sejumlah promosi yang bekerjasama dengan mall, pameran-pameran domestik, Semarang Fashion Festival, partisipasi Dekranasda dalam pameran Semarang Industri Expo, Pameran Inacraf 2014, pameran di Guangzhou China, expo Hogar di Barcelona, dan pameran di negara lainnya.

“Pada intinya, kami melakukan strategi untuk memajukan usaha kecil di Kota Semarang melalui pelatihan, konseling, pemasaran, dan  permodalan,” ujarnya.

Atas upaya tersebut, Dekranasda Kota Semarang kerap memperoleh penghargaan di antaranya Juara II Karnaval Dekranasda Tingkat Provinsi Jawa Tengah tahun 2015, Juara harapan III IKM Award Dekranasda Provinsi, dan masih banyak lainnya.

Dekranasda Kota Semarang juga berhasil memberikan kontribusi terhadap pencapaian prestasi Dekranasda Provinsi Jawa Tengah dalam memperoleh predikat Lembaga Pembina Teladan tingkat Nasional dalam Dekranas Award 2017 dan Pameran Kerajinan Nusantara Kriya Nusa, di JCC Jakarta, Rabu (27/9). (amu/zal)

Latest news

Garuda Ayolah

Related news

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here