32 C
Semarang
Jumat, 25 Juni 2021

Seru, Uji Kekompakan dan Ketangkasan

KESERUAN Zetizen Summit 2017 masih terus berlanjut. Usai proses penjurian yang melelahkan, di hari ketiga, Alpha Zetizen diajak refreshing. Menuju ke Tree Top, Tretes Adventure. Sebanyak 170 Alpha Zetizen bersemangat mengikuti kegiatan outbond, Rabu (27/9).

Tak terkecuali Alpha Zetizen Jawa Tengah, Leon Alvinda Putra (Universitas Indonesia), Raka Nurmujahid (SMA Al Firdaus Sukoharjo), Zahida Farah Safira (SMAN 7 Solo), Birizki Arfianto (Universitas PGRI Semarang), dan Hirsalanov Garbashanty (SMAN 5 Semarang). Mereka tidak bergabung dalam satu kelompok. Melainkan berpencar membentuk kelompok masing-masing dengan Alpha Zetizen perwakilan provinsi lain.

Dipandu komandan lapangan, Irfan Wahyudi, mereka mengikuti berbagai game fun adventure. Game tersebut dimainkan untuk melatih kerjasama, komunikasi, think out of the box, dan memory.

Sebelum dimulai, seluruh peserta diberi instruksi untuk melakukan permainan yang harus diselesaikan dalam tim.

“Ada empat permainan yang masing-masing harus dikerjakan bersama-sama. Tiap kelompok harus saling komunikasi untuk menyelesaikan dengan baik. Jika ada yang salah, harus di-restart sampai benar,” terang Irfan.

Game yang menguras tenaga, One Vision. Game ini mengandalkan kerjasama tim. Tiap kelompok bertugas membawa bola dari titik start menuju finish dengan menggunakan media akrilik. Satu anggota kelompok bertugas sebagai pembawa akrilik yang di atasnya diletakkan sebuah bola pingpong. Anggota tim tersebut berada di dalam holahop yang dipegang oleh anggota lain dengan seutas tali yang terpasang di holahop. Cara pegangnya harus di ujung tali.

“Game ini susah-susah gampang. Soalnya waktu bawa bola, nggak boleh menyentuh holahop dan menginjak pembatas area. Dan bola nggak boleh jatuh. Jadi kami bener-bener harus berkonsentrasi penuh,” ujar Hirsa, kemarin (27/9).

Game lain yang tak kalah seru, Building Block. Mereka bertugas menyusun bangunan yang sama persis dengan contoh bangunan jadi. Anggota kelompok dibagi rata menjadi tiga area. Setiap peran memiliki area masing-masing. Tugas area 1, melihat bangunan jadi dan menyampaikan pesan kepada area 2. Kemudian area 2 menerima pesan dan meneruskan pesan ke area 3.

“Nah, di area 3 ini harus menyusun bangunan sesuai pesan yang disampaikan. Agak bingung juga. Soalnya ada pesan yang nggak bisa dimengerti. Butuh komunikasi yang baik di masing-masing area. Tapi disitulah serunya,” kata Hirsa.

Dilanjutkan dengan dua game lainnya, Big Star and Traffic Jam dan Boom Box.

Usai bermain game yang melatih otak dan teamwork, mereka bergeser ke game yang memacu adrenalin. Beragam wahana outbond disuguhkan untuk mengasah keberanian Alpha Zetizen menjajal permainan outbond.

“Seru sekali. Kami bermain outbond dengan memasang peralatannya sendiri. Hanya diberi arahan saat awal sebelum bermain. Bergelantungan di ketinggian, rasanya menyenangkan,” tandas Birizki. (adm/zal)

Latest news

Related news

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here