31 C
Semarang
Jumat, 14 Mei 2021

183 Anak Ikuti Imunisasi MR

MUNGKID – Sebanyak 183 anak di Desa Pasangsari, Kecamatan Windusari, Kabupaten Magelang, Selasa (26/9) pagi mendapatkan imunisasi measles-rubella (MR) yang diselenggarakan Puskesmas Windusari, Pemerintah Desa Pasangsari, dan Koramil 04 Windusari. Bahkan, tak sungkan anggota babinsa Koramil 04 Windusari turut serta membantu menenangkan anak yang takut disuntik MR.

Ketua Tim dari Puskesmas Windusari Tri Harjanto menuturkan, pihaknya sengaja mengajak babinsa agar ada rasa segan bagi anak-anak sehingga mereka tidak menolak dan tidak takut untuk diberi vaksin MR. “Ada beberapa anak yang takut diimunisasi bahkan sampai menangis, namun akhirnya mereka mau diimunisasi setelah dibujuk,” ujar Tri.

Program imunisasi MR merupakan imunisasi wajib bagi anak usia 9 bulan sampai dengan 15 tahun. Vaksin MR adalah kombinasi vaksin campak/measles (M) dan rubella (R) untuk perlindungan terhadap kedua penyakit tersebut. Imunisasi ini diberikan untuk semua anak (laki-laki dan perempuan) usia 9 bulan sampai dengan kurang dari 15 tahun. Program ini dilaksanakan pada bulan Agustus-September 2017.

Danramil 04 Windusari Kapten Inf Suparman memerintahkan agar para babinsa terus mendampingi pelaksanaan imunisasi. “Seperti yang kita tahu, campak dan rubella merupakan penyakit infeksi menular yang berisiko tinggi,” jelas Suparman. (cr3/ton)

Latest news

Related news

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here