32 C
Semarang
Jumat, 18 Juni 2021

Tingkatkan Kesigapan KSB

SEMARANG– Menghadapi musim penghujan dan melatih kesigapan dalam menangani bencana, sejumlah kelompok siaga bencana menggelar latihan penyelamatan di Waduk Jatibarang, belum lama ini.

Ketua Flood Resilience Program Manager, Nyoman Prayogo menjelaskan, kegiatan pelatihan penanggulangan bencana ini diikuti oleh 67 warga dari 8 kelompok siaga bencana (KSB) di 8 kelurahan. Dalam kegiatan tersebut dilakukan mulai dari teori sampai dengan praktek. “Termasuk mendirikan dapur umum,” katanya.

Kegiatan ini melibatkan beberapa institusi mulai dari PMI, BPBD dan dari Brimob Simongan. Sedangkan KSB  diantaranya Kelurahan Kalipancur, Manyaran, Bulustalan, Cabean, Petompon, Bulu Lor, Krobokan, dan Panggung Lor.

“Setelah dibentuk 8 KSB yang ada di area Banjir Kanal Barat (BKB), tentu perlu adanya penguatan kapasitas dari KSB tersebut,” katanya.

Tujuan dari kegiatan ini untuk meningkatkan partisipasi dan kesadaran masyarakat terhadap pentingnya kegiatan kesiapsiagaan terhadap bencana dan memberikan pelatihan serta tambahan pengetahuan terkait bagaimana melakukan pertolongan pertama, rescue, melakukan penyimpanan aset dan barang saat bencana, serta memperoleh informasi akses dana darurat banjir. “Sehingga dengan adanya pelatihan ini masyarakat menjadi tahu apa yang harus dilakukan ketika terjadi bencana,” imbuhnya. (hid/zal)

Latest news

Related news

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here