Beranda Jateng Wonosobo Sistem IT di Pemkab Rawan Serangan Hacker

Sistem IT di Pemkab Rawan Serangan Hacker

Others

WONOSOBO—Keamanan sistem informasi pemerintah daerah menjadi perhatian serius Dinas Komunikasi dan Informatika Wonosobo. Untuk itu, Dinas Kominfo dan Badan Kepegawaian Daerah memberikan pelatihan khusus bagi sejumlah PNS yang berperan dalam pengamanan sistem informasi di lingkup Pemkab. Kegiatan ini bekerja sama dengan Inixindo. Sebuah lembaga konsultan teknologi informasi terkemuka asal Jogjakarta. Pelatihan berlangsung selama tiga hari, sejak Senin (25/9). Para peserta diberi pemahaman konsep dasar keamanan sistem informasi; serta beragam jenis ancaman yang akan berpotensi mengganggu jalannya sistem.

Arindra Saktiawan, narasumber tunggal pada pelatihan memaparkan kunci sukses sebuah sistem, terletak salah satunya pada terjaminnya keamanan. Sehingga tidak mudah mengalami gangguan, baik karena faktor internal maupun faktor eksternal. “Ancaman terhadap berjalannya sebuah sistem, terutama yang berbasis internet, sudah sangat banyak macamnya. Mulai virus berdaya rusak rendah sampai potensi munculnya hacker maupun cracker yang dapat merusak sistem hingga memerlukan instalasi ulang system.”

Arindra mensinyalir, di lingkup Pemkab, sejumlah sistem rawan dengan serangan-serangan hacker. Seperti sistem di rumah sakit daerah, Dinas Pendapatan Daerah atau KPUD. “Bisa jadi serangan dilakukan oleh hacker yang masih dalam taraf belajar, sehingga tidak terlalu membahayakan. Tapi, tidak menutup kemungkinan serangan dilakukan oleh hacker profesional yang berniat jahat terutama di musim-musim rawan politik, seperti pada proses pemilihan kepala daerah atau pemilihan legislatif.”

Pentingnya pemahaman secara komprehensif terhadap materi pelatihan, ditegaskan Kepala Bidang Informatika Dinas Kominfo, Sulistiyani. “Selain tahu ancaman yang ada, peserta juga diarahkan untuk melakukan identifikasi kelemahan-kelemahan yang ada pada sistem informasi yang digunakan.” Yaitu, dengan melakukan analisa dan penetration testing terhadap sistem, melalui berbagai teknik penyerangan, seperti yang dilakukan oleh seorang hacker. (cr2/isk)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

12,298FansSuka
35PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

Latest News

Tesla Halmahera

Related News