PDAM Perluas Jaringan

UNGARAN –PDAM Kabupaten Semarang melakukan perluasan jaringan ke pelanggan dan meningkatkan pelayanan ke masyarakat. Perluasan jaringan khusus ditujukan untuk masyarakat berpenghasilan rendah (MBR).

“Sebanyak 1.500 sambungan di mana saat ini menyisakan 56 sambungan. Sisa 56 sambungan tersebut tersebar di tiga kantor cabang PDAM Kabupaten Semarang, yakni Ungaran, Ambarawa dan Tengaran,” ujar Direktur Utama PDAM Kabupaten Semarang Moch Agung Subagyo, Minggu (24/9).

Dijelaskan Agung, khusus untuk wilayah PDAM Cabang Ungraan masih ada 14 sambungan, Ambarawa 5 sambungan, dan Tengaran masih 40 sambungan. Untuk pemasangannya, setiap warga dikenai biaya sebesar Rp 495 ribu. “Targetnya akhir bulan ini selesai,” katanya.

Sumber mata air yang dimanfaatkan untuk program ini sama dengan sumber mata air untuk pelanggan PDAM yang lain. Sumber mata air tersebut diambil dari STU (Sarana Tirta Ungaran) untuk melayani pelanggan di kantor cabang Ungaran, mata air Ngembat Jambu untuk Ambarawa, serta tiga mata air di Kaliwungu.

Sementara untuk sumber mata air di Ngrawan dan Suruh disalurkan untuk kantor cabang Tengaran. “Untuk menjaga pasokan air dengan menurunnya debit air bisa disiasati dengan perbaikan jaringan. Saat ini pasokan air secara giliran mulai berkurang,” katanya. (ewb/ton)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here