Beranda Advertorial PDAM Kendal akan Bangun 5 Sumur dan 1 Reservoar

PDAM Kendal akan Bangun 5 Sumur dan 1 Reservoar

Others

KENDAL—Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirto Panguripan Kendal, tahun 2017 ini akan membangun satu bak penampungan air (reservoar) di Kelurahan Jotang, Kecamatan Kendal Kota. Selain itu, akan membangun lima sumur baru, di Cepiring dua sumur yakni Desa Damarsari dan Botomulyo, di Desa Bumiayu Kecamatan Weleri, Desa Magelung Kecamatan Kaliwung Selatan dan Desa Meteseh Kecamatan Boja.

Direktur Teknik DAM Tirto Panguripan Kendal, Sunanto mengatakan bahwa penambahan sumur dan reservoar ini untuk menanggulangi aliran air yang kecil pada jam-jam sibuk. Terutama pagi dan sore hari. Sebab, setiap bulan jumlah pelanggan PDAM semakin bertambah, sehingga butuh penambahan sumur.

Sejauh ini, jumlah reservoar di PDAM Kendal memang masih minim. Yang sudah dibangun dan dioperasikan yakni di Kelurahan Ngilir Kecamatan Kendal, di Bukit Jabal Desa Protomulyo, Kaliwungu Selatan, Desa Kendayan Kecamatan Weleri, Desa Sawah Jati Kecamatan Kaliwungu, Desa Ngadiwarno Kecamatan Sukorejo.

Ia mengakui, jumlah reservoar ini belum memadai jika dibandingkan dengan jumlah sumur dan penambahan pelanggan yang mencapai 6.000 pelanggan setiap tahunnya. Hal itu lantaran untuk membangun reservoar butuh biaya besar, yakni sekitar Rp 2,5 miliar.

“2018 nanti, rencana akan kami bangun sumur di Kelurahan Bugangin Kecamatan Kendal, Desa Sendang Dawung Kecamatan Kangkung. Selain itu penambahan satu reservoar di Desa Tosari kecamatan Brangsong,” tambahnya.

Sejauh ini PDAM telah memiliki 35 sumur artesis. Sedangkan reservoar memang masih sedikit, lantaran untuk membangunnya membutuhkan banyak dana. “Jadi memang harus bertahap, tidak bisa semua daerah kami bangun reservoar,” akunya.

Kepala Bidang (Kabid) Hubungan Pelanggan PDAM Kendal, Bambang Suprayogi mengatakan sejauh ini penambahan pelanggan sampai dengan bulan lalu telah mencapai 5.392 sambungan baru. Pihaknya yakin bisa melampaui target penambahan pelanggan sebanyak 6.000 pelanggan per tahun.

“Jadi sampai bulan ini, kami masih kekurangan 608 sambungan baru. Tapi kami yakin bisa mencapainya, karena kami juga memiliki program diskon atau potongan harga pada momen-monen tertentu,” tandasnya.

Untuk mencapai target, pihaknya juga telah mewajibkan setiap karyawan mencari 5-7 sambungan baru. Target 6.000 sambungan telah dibagi di lima kantor cabang PDAM di Kendal. Yakni Cabang Kendal Barat (1.644 SR), Kendal Timur (1.224 SR), Cabang Kaliwungu (1.326 SR), Weleri (1.299 SR) dan Sukorejo (505 SR). (bud/ida)

Stay Connected

12,288FansSuka
35PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

Latest News

Semut Raksasa

Related News

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here