Beranda Advertorial Society Himagro Untidar Peringati Hari Tani

Himagro Untidar Peringati Hari Tani

Others

MAGELANG—Himpunan Mahasiswa Agroteknologi Universitas Tidar (Himagro Untidar) menggelar peringatan Hari Tani Nasional di Dusun Plalar, Desa Genito, Kecamatan Windusari pada 23-24 September 2017. Tema kegiatan tersebut adalah Agroschooling : Pengajaran Dunia Pertanian untuk Mahasiswa terhadap Problematika Pertanian di Masyarakat.

Menurut Ketua Panitia Kegiatan, Anita Choiriyah, acara ini bertujuan sebagai perayaan hari untuk petani dan wujud apresiasi mahasiswa terhadap petani yang telah berjasa terutama dalam penyediaan pangan bagi negeri ini. “Melalui kegiatan ini kami mengapresiasi seluruh petani Indonesia khususnya petani Dusun Plalar dan kami sebagai mahasiswa ingin lebih dekat dengan petani, mengerti masalah-masalah mereka dan berharap dapat memecahkan masalah-masalah itu bersama,” tutur mahasiswa semester 5 ini.

Dipilihnya Dusun Plalar sebagai tempat kegiatan Agroschooling karena tempat ini memiliki kelompok tani yang memproduksi 10 komoditas di bidang pertanian dan peternakan. Yaitu padi, jagung, cabai, ketela pohon, tomat, buncis, kubis, tembakau, peternakan sapi dan peternakan lebah madu. Kelompok tani di Dusun Plalar memiliki kandang sapi berkapasitas 50 ekor sapi sehingga menimbulkan masalah dalam hal pengolahan limbah. Sehingga acara Agroschooling ini berfokus pada pengolahan limbah ternak sapi.

Hari pertama kegiatan Agroschooling diisi oleh pelatihan pembuatan kompos dan biopestisida dari limbah kotoran sapi oleh Widitya Tri Nugraha SPt MSc dan kawan-kawan. Kemudian dilanjutkan dengan diskusi antara mahasiswa dan petani yang membahas problematika pertanian yang dihadapi petani Dusun Plalar. Hari kedua diisi dengan praktik di lahan yaitu mahasiswa dan petani praktik langsung bersama di lahan usaha mengenai sistem budidaya sampai tahap pemanenan terkait sepuluh komoditas yang diproduksi oleh kelompok tani.

“Acara ini sangat menarik, bisa dapat ilmu baru karena saya bukan dari Fakultas Pertanian yang tidak tahu tentang dunia pertanian dan poin menariknya bisa praktik langsung di lahan, bukan hanya materi saja,” tutur salah satu peserta Leanita. (ima/sct/ton)

Stay Connected

12,288FansSuka
35PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

Latest News

Semut Raksasa

Related News

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here