MEMBANGGAKAN: Guru dan murid SDN 2 Kebondalem memamerkan sejumlah piala hasil mengikuti sejumlah lomba (AGUS HARYANTO/JAWA POS RADAR SEMARANG).
MEMBANGGAKAN: Guru dan murid SDN 2 Kebondalem memamerkan sejumlah piala hasil mengikuti sejumlah lomba (AGUS HARYANTO/JAWA POS RADAR SEMARANG).

KENDAL – Kiprah SD Negeri 2 Kebonharjo Kecamatan Patebon Kendal dalam mengikuti berbagai setiap ajang perlombaan tak pernah sia-sia. Terbukti, siswa-siswa ini mampu mengoleksi sebanyak 382 piala perlombaan baik akademik maupun non akademik.

Kepala SD N2 Kebonharjo Siti Rodhotun mengaku bangga dengan prestasi yang telah digapai oleh anak didiknya. Hampir semua kejuaraan atau perlombaan yang diikutinya selalu mendapat prestasi. Baik mulai akademik, olahraga sampai di bidang kesenian dan kebudayaan.

“Prestasi di sini hampir merata. Secara keseluruhan ada 382 an piala.
Setiap tahun antara dapat 20 sampai 30 piala. Dari Popda sendiri 18 piala yang kita dapat,” ungkapnya kepada Jawa Pos Radar Semarang kemarin.

Diakuinya, prestasi yang menonjol di SD N2 Kebonharjo adalah bidang olahraga. Bahkan, sekolahan yang dipimpinya ini pernah menjuarai ajang perlombaan berturut-turut sejak tahun 2010 silam.

“Sejak tahun 2010 Popda juara umum. Lomba renang juga pernah mewakili sampai Kabupaten Kendal, lomba bulutangkis juga. Lomba prestasi akademik, putri juara dua, putra harapan 1,” terangnya.

Perempuan berkacamata ini juga mengakui diberbagai macam lomba Mapsi Agama OSN Sama FLS2N selalu menjuarai. Pada Festival seni tari tembang dolanan pernah menjuarai berturut-turut sejak tahun 2014 sampai 2015 mewakili Kabupaten Kendal.

“Kemudian Mapsi bidang TIK menulis arab beserta artinya juara tingkat kabupetan kendal melaju ke propinsi. Ini juga sering juara. LCC (Lomba Cerdas Cermat) gebyar diselenggarakan Kemenag tahun 2017 sampai juara 1 tingkat kabupaten, maju ke tingkat propinsi,” bebernya.

Menurutnya, sarana penunjang mencetak murid berprestasi adalah aktif memberikan pembelajaran tambahan baik akademik maupun non akademik. Sahingga bibit-bibit murid berprestasi yang kelihatan menonjol langsung diarahkan fokus dalam skillnya.

“Kalau sudah kelihatan menonjol kita arahkan, kita bina. Kalau guru disini ada yang bisa melakukan pembinaan, ya kita lakukan sendiri. Kalau tidak ada ya kita datangkan dari luar,” katanya.

Selain itu, prestasi yang diraih murid didiknya ini tidak terlepas dari dukungan orangtua. Selain itu kiprah dan semangat para guru yang selalu menjaga kerjasama juga ikut menjadi bagian penggapaian prestasi siswa didiknya.

“Yang jelas kami kerjasama dari semua guru, istilahnya kita bentuk tim sukses anggotanya guru kita sendiri. Kerjasama yang baik serta kedisiplinan sangat juga penting kita terapkan karena disiplin bagian dari kunci kesuksesan,” tegasnya.

Bekal sederet prestasi yang diraih siswa didiknya tersebut semakin membuat percaya diri tampil menjadi juara peserta lomba Sekolah Berprestasi Menuju Kendal Permata Pantura. Pihaknya siap meramaikan ajang perlombaan ini menjadi peserta kategori sekolah berprestasi olahraga. (mha/zal)