MEMBANGGAKAN : Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi saat menerima penghargaan pada gelaran SIP Planning Awards, kategori Best Urban Design, di Singapura, Kamis (21/9) (istimewa).
MEMBANGGAKAN : Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi saat menerima penghargaan pada gelaran SIP Planning Awards, kategori Best Urban Design, di Singapura, Kamis (21/9) (istimewa).

SEMARANG – Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi kembali mendapat penghargaan bertaraf internasional pada gelaran SIP Planning Awards, di Singapura, Kamis (21/9). Bertempat di The Swissotel Merchant Court Singapore, Wali Kota Semarang yang akrab disapa Hendi ini menerima penghargaan kategori ‘Best Urban Design’ atau Desain Perkotaan Terbaik.

SIP Planning Awards sendiri merupakan sebuah ajang penghargaan yang diselenggarakan oleh The Singapore Institute of Planners. Penghargaan tersebut diadakan untuk memberi apresiasi kepada ‎para inisiator perencana tata kota di seluruh dunia. SIP Planning Award sendiri sudah dilaksanakan sejak tahun 2008.

Untuk tahun 2017 ini, ada empat pihak yang ditunjuk untuk menentukan penerima penghargaan tersebut. Mereka adalah W Paul Farmer  (mantan Ketua American Planning Association), Fong Chun Wang (Deputi CEO of HDB), Hwang Yu Ning (Direktur‎ Permukiman Kantor Perdana Menteri Singapura), dan Mohinder Singh (Dekan LTA Academy Singapura).

Hendi sendiri menerima penghargaan atas desain revitalisasi Pasar Johar, yang sudah mulai dibangun kembali tahun ini setelah terkena musibah kebakaran pada tahun 2015. Desain pembangunan kembali Pasar Johar dianggap sebagai yang terbaik karena berorientasi pada‎ pengadaan lahan hijau serta menaruh perhatian pada pejalan kaki. Hal tersebut dilakukan dengan merencanakan pengembalian struktur alun-alun yang hilang.

“Penghargaan ini menjadi bukti bahwa konsep perencana tata Kota Semarang telah sesuai dengan pakem penataan kota-kota maju di dunia,” tegas Hendi. Namun dirinya juga mengingatkan bahwa konsep tersebut tidak akan terealisasi bila tidak didukung oleh seluruh masyarakat Semarang.‎ “Penghargaan ini tidak akan berarti apa-apa tanpa dukungan masyarakat,” tambahnya.

Sebelumnya, Hendi juga pernah mendapatkan penghargaan internasional dalam ajang Socrates Award di Italia pada tahun 2014. Dalam ajang tersebut Hendi dinobatkan sebagai ‘Best City Manager’‎ atau Manajer Kota Terbaik atas pertumbuhan ekonomi Kota Semarang yang sangat pesat di tahun tersebut. (*/zal/ric)