32 C
Semarang
Rabu, 23 Juni 2021

Satu Calon Panwascam Dicoret

SALATIGA – Panitia Pengawas (Panwas) Pemilu Kota Salatiga mencoret satu lagi nama calon Panitia Pengawas tingkat kecamatan (Panwascam). Pasalnya, yang bersangkutan tidak datang dalam seleksi wawancara. Kini tinggal 24 calon yang menunggu pengumuman 12 nama Panwascam. Rencananya nama yang terpilih akan diinformasikan pada Sabtu (23/9) atau Minggu (24/9).

Ketua Panwas Kota Salatiga Agung Ari Mursito menjelaskan, dari 25 nama calon yang lolos seleksi tes tertulis, hanya satu yang tidak datang dalam seleksi lanjutan. Dengan demikian, nama tersebut otomatis gugur. “Kami ini masih merekap nilai dan secepatnya akan kita umumkan,” jelas Agung, Jumat (22/9).

Ditambahkan dia, dari 24 nama yang maju, mayoritas memiliki kemampuan seperti yang diharapkan. Selain itu, Panwascam lama yang masih bertahan tinggal 5 nama dan itu harus bersaing ketat dengan pendaftar – pendaftar baru yang juga memiliki kecakapan bagus.

“Secara umum, semua calon memang sangat bagus kualitasnya. Pas seperti yang kita harapkan dan kemungkinan memang akan ketat pertimbangannya. Hanya ada satu peserta yang mengaku grogi dan tidak belajar sebelum tes wawamcara,” terang pria berlatar belakang aktivis LSM tersebut.

Salah satu calon Panwascam Natalia R menyatakan dirinya memang berupaya maksimal beradaptasi dengan peraturan dan hal-hal yang berkaitan dengan pemilu. “Alhamdulillah bisa lolos tes tertulis. Kita terus belajar dan, semoga bisa diterima,” terang ibu dua anak ini.

Sebagaimana diketahui, dalam pendaftaran panwascam kali ini, terdapat 130 orang yang mengambil formulir di kantor panwas kota Salatiga. Dari jumlah tersebut, hanya 92 nama yang mengembalikan formulir alias mendaftar. Setelah dilakukan verifikasi, ternyata hanya ada 90 yang dinyatakan lolos administrasi, terdiri dari 58 laki – laki dan 32 perempuan.

Mulai 13 – 17 September lalu, Panwas melakukan uji publik para calon Panwascam. Kemudian pada 16 September dilakukan tes tertulis serentak di aula kampus I IAIN Salatiga. Dan tiga hari berselang dilakukan tes wawancara kepada 25 calon yang lolos. (sas/ton)

Latest news

Related news

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here