32 C
Semarang
Jumat, 25 Juni 2021

Guru-Pelajar SD-SMP Salat Dhuha Serentak

MAGELANG — Gerakan salat Dhuha serentak di SD dan SMP se-Kota Magelang dicertuskan oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan. Sabtu (23/9) hari ini, gerakan itu akan dilakukan. Pesertanya, siswa-siswi, guru, karyawan sekolah yang beragama Islam, baik negeri maupun sekolah swasta Islam.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Magelang, Taufik Nurbakin, mengatakan, salat Dhuha serentak murni dari Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Pendidikan Agama Islam (PAI) se-Kota Magelang. Kegiatan diawali dengan pembinaan kepala sekolah dan mengajak siswa, karyawan, dan guru beragama Islam untuk menjalankan salat Dhuha serentak.

Taufik menyampaikan, salat Dhuha sudah sering dilakukan masing-masing sekolah. Tapi besok (hari ini) dilakukan serentak.” Yakni, saat istirahat pertama, pukul 09.15. “ini dilakukan untuk memperingati Tahun Baru Islam 1 Muharam 1439 Hijriyah,” kata usai Taufik usai pengajian di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Kota Magelang, kemarin. Koordinator MGMP PAI SMP Kota Magelang, Imam Baihaqi menambahkan, salat Dhuha serentak dilakukan dalam rangka memperingati Tahun Baru Islam 1 Muharram.

Kata Imam, ini merupakan titik tonggak pendidikan lebih baik. “Diawali dengan pengajian kepala sekolah dari PAUD, SD dan SMP serta Guru Agama Islam se-Kota Magelang.” Salat Dhuha akan dilakukan secara serentak sekitar pukul 09.00 di sekolah masing-masing. Mulai sekolah jenjang SD hingga SMP, baik negeri dan swasta muslim. “Sekaligus mendukung visi Kota Magelang yang religius.” (cr3/put/isk)

Latest news

Related news

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here