32 C
Semarang
Selasa, 22 Juni 2021

Sosialisasi Guna Dukung Pembangunan

SEMARANG – Terjaganya stabilitas sistem keuangan maupun perkembangan industri jasa keuangan sangat diperlukan dalam mewujudkan pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan. Selain itu untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan menurunkan kesenjangan atau ketimpangan. Otoritas Jasa Keuangan (OJK) bersama sejumlah pihak diharapkan menerapkan berbagai program tepat sasaran sebagai upaya mewujudkannya.

Ketua Dewan Komisioner OJK Wimboh Santoso mengatakan saat ini pemerintah berkomitmen membangun Indonesia dari pinggiran, dan tidak lagi terpusat di kota besar yang tentunya membutuhkan pembiayaan dalam jumlah besar.

Sebagai gambaran, tahun 2018 Pemerintah akan membangun jalan tol sepanjang 856 km, jalan kereta api sepanjang 639 km, 15 bandara baru, irigasi sepanjang 781 km dan pembangunan perumahan sebanyak 7.062 unit.

Dengan keterbatasan dari sisi fiskal, diperlukan peningkatan peran BUMN dan sektor swasta untuk turut berpartisipasi mendukung pembiayaan proyek dan program strategis nasional jangka menengah. Hal ini sebagaimana dalam Perpres 58 Tahun 2017 yang nilainya mencapai hampir Rp 4.200 triliun.

“Disinilah peran penting OJK akan diuji. OJK harus mampu menyediakan kerangka pengaturan dan pengawasan di sektor jasa keuangan yang mendukung terwujudnya pembiayaan pembangunan tersebut,” ujarnya di sela serah terima jabatan Kepala OJK Regional 3, baru-baru ini.

Pengaturan di sektor perbankan, pasar modal dan IKNB harus mendukung upaya penyediaan pendanaan di sisi penawaran, maupun penyediaan investor di sisi permintaan.

Terkait hal ini, ia berharap pimpinan OJK di daerah agar cepat tanggap melakukan diseminasi dan sosialisasi produk-produk pasar modal kepada pemangku kepentingan di daerah. Termasuk mensosialisasikan relaksasi ketentuan yang didesain untuk meningkatkan partisipasi investor. “Saya menekankan pentingnya hal ini karena saya ingin kantor OJK di daerah berperan lebih aktif untuk mendukung program pemerintah,” ujarnya. (dna/ric)

Latest news

Related news

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here