32 C
Semarang
Selasa, 22 Juni 2021

Hasil Popda Jadi Modal

KENDAL – Banyak cara yang dilakukan oleh para guru untuk meningkatkan kecerdasan bagi muridnya. Seperti halnya yang dilakukan oleh SD Negeri 2 Pidodo Kulon, Kecamatan Patebon, Kabupaten Kendal. Sekolah ini menerapkan tehnik rajin belajar membaca, menulis dan menghitung kepada para siswa.

“Sesuai dengan kurikuluan 13, saya arahkan kepada para guru agar murid rajin membaca menulis dan menghitung. Diawali sejak murid duduk di kelas rendah,” ungkap Kepala SDN 2 Pidodo Kulon, Rokhwan kepada Jawa Pos Radar Semarang Senin (18/9) kemarin.

Rokhwan mengatakan, tugas pendidik atau guru tidaklah mudah untuk bisa mencerdaskan siswa-siswinya. Menurutnya, dalam mencapai prestasi harus membutuhkan pengorbanan. Diharapkan, para pendidik juga selalu bersabar pada saat memberikan pembelajaran kepada murid.

“Didalam dunia pendidikan tidak ada yang serba instan untuk meraih prestasi. Ada proses melalui perjalanan perjuangan panjang. Jadi para guru supaya tidak bosan dalam mendidik murid,” tegasnya.

Rokhwan mengakui, murid SDN 2 Pidodo Kulon juga sering mendapat jam tambahan pembelajaran pendidikan akademik. Langkah dan upaya ini dilakukan supaya murid lebih menguasai materi pelajaran.

“Inipun saya juga sampaikan kapada para guru-guru, kalau murid masih tidak bisa ya menambah waktu pembelajaran. Makanya dari awal saya sampaikan guru-guru disini untuk selalu benar-benar sabar,” ujarnya.

Selain tambahan pembelajaran pendidikan akademik, pihaknya juga aktif menggalakan kegiatan ekstrakurikuler kepada murid. Hasilnya sederet prestasi baik dibidang seni maupun olahraga berhasil ditorehkan para siswa-siswinya.”Yang sering mendapatkan prestasi bidang seni dan olahraga. Kejuaraan Popda 2017 di tingkat Kecamatan dapat 3 piala,” katanya.

Prestasi lain yang ditorehkan anak didiknya adalah perlombaan rebana. SDN 2 Pidodo Kulon menyabet peringkat dua tingkat kecamatan. Hasil ini tidak terlepas dari semangat para murid dalam berlatih.”Ya rebana ini kita biasa latihan mulai hari Sabtu, Minggu dan Senin. Bahkan, saking sulitnya kita harus mencari pelatih dari luar,” ujarnya.

Bekal prestasi-prestasi yang dihasilkan siswa-siswinya ini, Rokhwan dengan percaya diri tampil maju dalam ajang perlombaan Sekolah Berprestasi Menuju Kendal Permata Pantura. Pada kegiatan lomba ini, pihaknya juga supaya guru dan murid selalu berlomba-lomba dalam meraih prestasi.”Kategori Sekolah Berprestasi Olahraga sama Seni dan Budaya. Harapan kami semoga ini menjadi motivasi dan mendapat prestasi,” pungkasnya. (mha/bas)

Latest news

Related news

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here