Beranda Advertorial Society Wujudkan Kepedulian Lewat Baksos

Wujudkan Kepedulian Lewat Baksos

Others

MAGELANG – Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Pertanian Universitas Tidar (Untidar) Magelang melaksanakan bakti sosial (baksos) di Desa Sutopati, Kecamatan Kajoran, Kabupaten Magelang, 16-17 September 2017. Kegiatan yang diikuti 180 mahasiswa baru ini merupakan kegiatan rutin tahunan yang dilaksanakan berdasarkan program kerja divisi Sosial Masyarakat (Sosma) BEM Fakultas Pertanian. Tema baksos kali ini yaitu ‘Bekti Marang Sesami Peduli Mmarang Bumi’.

“Diambilnya tema ini yaitu bertujuan untuk meningkatkan rasa peduli baik terhadap sesama makhluk hidup maupun terhadap bumi,” tutur Ketua Panitia Eko Heriyanto.

BEM FP 2017 Cahyo Purnomo berharap, dengan kegiatan ini, para mahasiswa akan lebih peduli terhadap sesama, mampu menumbuhkan kepedulian dan kepekaan sosial terhadap sesama serta tumbuh kesadaran akan pentingnya menjaga dan melestarikan bumi.

Bentuk kegiatan yang dilakukan yaitu seminar melibatkan mahasiswa dan masyarakat berupa sosialisasi penanaman kopi serta pembuatan biopestisida dari urine sapi dan daun mimba. Dilanjutkan dengan pelatihan pembuatan biopestisida yang dihadiri oleh mahasiswa baru dan perwakilan kelompok tani dari 13 dusun di Desa Sutopati.

Sore hari diisi dengan kegiatan penalaran oleh mahasiswa baru sambil membawa kuisioner yang berisikan tanaman hortikultura, tanaman kopi dan peternakan yang akan mereka ajukan kepada para warga sekitar Desa Suto. Malam harinya dilanjutkan dengan motivasi kuliah dan berorganisasi oleh alumni Fakultas Pertanian yang saat ini bekerja di BPTH Jawa Tengah.

Keesokan harinya dilanjutkan dengan penanaman bibit kopi oleh mahasiswa serta warga Desa Sutopati. Penanaman ini dilakukan di sekitar Bukit Buju yang dilakukan sembari mengambil sampah di sepanjang bukit untuk dibawa turun. “Penanaman ini diharapkan akan memberikan manfaat untuk warga sekitar saat berbuah nanti,” kata Cahyo.

Perjalanan dilanjutkan ke curug (air terjun) yang terdapat di sekitar perbukitan tersebut, sambil menikmati makan siang bersama. Kemudian ada pembagian sembako pada warga desa serta pemberian sumbangan untuk Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), pemberian bibit sengon dan kerja bakti sebelum upacara penutupan. (ima/sct/ton)

Stay Connected

12,286FansSuka
35PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

Latest News

Semut Raksasa

Related News

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here