32 C
Semarang
Sabtu, 19 Juni 2021

Empat Besar Sulit Terkejar

SEMARANG – Empat daerah yaitu DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Timur dan tuan rumah Jawa Tengah mengukuhkan diri di peringkat empat besar klasemen perolehan medali sementara ajang Pekan Olahraga Pelajar Nasional (Popnas) XIV/2017.

DKI Jakarta masih memimpin di puncak klasemen dnegan raihan 39 emas, 22 perak dan 27 perunggu. Kemudian Jawa Barat di peringkat kedua dengan 26 emas, 28 perak dan 32 perunggu. Disusul Jawa Timur dengan 23 emas, 20 perak dan 23 perunggu.

Sementara tuan rumah Jawa Tengah masih berkutat di peringkat keempat dengan raihan 22 emas, 21 perak dan 29 perunggu. Raihan medali empat daerah tersebut tampaknya bakal sulit dikejar oleh daerah lain.

Maklum saja, di peringkat kelima bercokol Riau yang baru mengoleksi 9 emas, 8 perak dan 10 perunggu. Banten di peringkat keenam dengan raihan 7 emas, 10 perak dan 7 perunggu. Disusul lampung di peringkat ketujuh dengan raihan 7 emas, 7 perak dan 7 perunggu.

Tambahan emas Jawa Tengah diantaranya dipersembahkan oleh cabang olahraga pencak silat. Cabor ini, lewat atletnya Zidni Rahma Amaly berhasil memberikan tambahan poin dengan raihan emas di kelas tunggal putri.

Dari cabang olahraga taekwondo ada tambahan tiga emas disumbangkan oleh atlet Jawa tengah. Tambahan kepingan emas berasal dari nomor kyorugi -78 kg putra atas nama M Affizal Pratama, Osanando Naufal Khairudin, kyorugi (-73 kg), dan Valentino Tanujaya, kyorugi -51 kg.

Kemudian cabor renang menyumbang satu emas dan satu perunggu. Satu emas Jateng disumbang perenang Hanna Christina Purnaninda yang turun di nomor 800m gaya bebas putri. Kemudian satu perunggu oleh Vina Wijaya di nomor 50m gaya kupu-kupu putri.

Di cabang olahraga lainnya, ada tenis meja yang juga mendapatkan 1 emas oleh pasangan Muhammad Iqbal dan Egar Prasetyo. Satu medali emas berhasil diraih setelah pasangan Jateng melibas pasangan Jawa Barat 2 Rizky Cahya maulana dan Raga Gusti Diningrat dengan sekor ketat yakni 3-2 (11-7, 9-11, 11-4, 12-14, 11-4).

Dengan hasil ini, secara keseluruhan di cabang olahraga tenis meja Jateng telah mengoleksi 1 medali emas, 1 perak dan 3 perunggu. Satu perak diraih dari nomor beregu putri, dengan atlet Yovia Leonita, Anggawani Cahyaning R., Aliah Rahmasari. Sementara tiga perunggu masing-masing diperoleh beregu putra, dengan atlet Egar Prasetyo, Muhammad Iqbal, Arfan Seina Pramudya; Anggawani Cahyaning R pada tunggal putri dan Egar Prasetyo di tunggal putra.

Pelatih senior Eddie Pramudjie mengaku salut pada mental bertanding pemain Jateng. Di tengah persaingan ketat, Jateng berhasil meraih satu dari tujuh emas yang diperebutkan. Dari gelaran ini, imbuhnya, bisa diambil pelajaran bahwa dibutuhkan persiapan matang untuk bisa menjadi yang terbaik.

”Seperti DKI, yang bahkan ‘menyekolahkan’ pemainnya ke Cina untuk berlatih dan mengikuti serangkaian uji coba. Ini tentu menjadi pembelajaran bagi kami, agar lebih matang dalam menyiapkan tim,” jelasnya. (cr4/bas)

Latest news

Related news

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here