32 C
Semarang
Selasa, 22 Juni 2021

DP4 Pilgub Jawa Tengaah Diharapkan Akurat

SEMARANG – Mendekati Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jateng yang akan digelar Juni 2018, Daftar Penduduk Pemilih Potensial Pemilu (DP4) diharapkan terdata dengan baik dan akurat. Hal itu disampaikan Wakil Ketua Komisi A DPRD Jateng Fuad Hidayat saat kunjungan kerja  ke Dinas Kependudukan dan Pencacatan Sipil (Disependukcapil) Kota Salatiga, belum lama ini.

“Kami harapkan jumlah DP4 yang berada di Kota Salatiga dapat terdata dengan baik dan akurat sehingga tidak ada perbedaan yang cukup besar dengan jumlah pemilih Pilwakot Salatiga beberapa bulan lalu,” ujarnya. Selain itu, dia juga berharap dapat menjadikan data pembanding DP4 untuk Pilgub lima tahun yang lalu. “Di sisi lain, akan sangat baik jika ada penambahan jumlah pemilih pemula dari kalangan pelajar,” imbuh legislator PKB ini.

Menanggapi hal tersebut, Plt Kepala Dinas Disependucapil Kota Salatiga, Dhani Iswanto menerangkan, pendataan DP4 sudah berjalan cukup baik. Hal itu didukung kesadaran masyarakat dalam pengurusan e KTP.

“Untuk Kota Salatiga sendiri proses perekaman e KTP mencapai angka 99,42 persen dari empat kecamatan. Sedangkan, sisa 0,58 persen sedang dalam tahap penyelesaian dikarenakan jumlah penduduk tersebut dari warga yang merantau ke luar kota,” ujarnya. Sedangkan, untuk pendataan dan perakaman pemilih pemula, Dispendukcapil menggunakan jemput bola yaitu dengan mendatangi langsung sekolah menengah atas.

Anggota Komisi A DPRD Jateng Anissa Devi menanyakan proses pendataan penduduk yang meninggal karena juga berpengaruh dalam perekaman DP4. “Bagaimanakah proses penanganan pendataan jika ada penduduk yang meninggal karena akan sangat berpangaruh dalam DP4 nantinya. Mengingat jumlah pemilih yang akhir-akhir mulai meningkat dan dibutuhkan pendataan secara baik.” ujar politikus Gerinda ini.

Dhani Iswanto menjelaskan pihaknya menggunakan sistem three in one dalam penanganan penduduk yang meninggal. “Cara kerjanya cukup mudah yaitu dengan menggunakan akta kematian yang diurus di kantor. Dengan begitu secara otomatis pendataan kependudukan bisa menyesuaikan serta data yang ada di DP4 terhapus sehingga tidak ada kerancuan,” paparnya. (ric)

Latest news

Related news

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here