23.9 C
Semarang
Senin, 19 April 2021

Galang Dana untuk Muslim Rohingya

spot_img
spot_img

TEMANGGUNG—Siswa-siswi SMA 1 Muhammadiyah (SMA MUHI) Temanggung, Jumat (8/9) kemarin, menggelar aksi solidaritas peduli Rohingya, Myanmar. Selain penggalangan dana, kegiatan lainnya adalah salat ghaib, mengaji, dan doa bersama di halaman sekolah.

Wakil Kepala SMA MUHI Temanggung Urusan Keagamaan, Sobirun, mengatakan, SMA MUHI merupakan institusi Islam yang mendidik karakter para siswa agar peduli terhadap kaum muslim. Dalam konteks ini, di Rohingya. “Melalui kegiatan ini, kami berharap para siswa punya kepedulian, menjalin persaudaraan, senasib seperjuangan sesama muslim,” kata Sobirun.

Paling tidak, lanjut Sobirun, kegiatan tersebut untuk mengamalkan akhlakul karimah (akhlak yang baik) bagi para siswa. Siswa bisa berbagi kenikmatan, berbagi kebahagiaan, sekaligus merasakan pedih dan susahnya warga Rohingya ketika mempertahankan hidupnya. “Dengan kegiatan ini, anak-anak akan semakin peka dan memiliki jiwa sosial yang tinggi terhadap sesama, karena Rohingya bukan hanya kasus agama, tetapi juga sudah masalah etnis dan ekonomi.”

Yuliani, siswa kelas 12 SMA MUHI Temanggung mengatakan, kegiatan ini sebagai rasa kepedulian siswa terhadap para korban Rohingya. “Kami berharap, konflik kemanusiaan Rohingya segera berakhir dan mereka hidup damai,” harapnya. Penggalangan dana dari para siswa dan guru serta karyawan SMA MUHI, terkumpul dana Rp 2.403.000. Dana tersebut akan dikirim melalui Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Temanggung; dan diteruskan ke PP Muhammadiyah. Selanjutnya, PP Muhammadiyah yang akan mengirimkan langsung ke Rohingya. (san/isk)

spot_img

Latest news

Related news

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here