32 C
Semarang
Selasa, 22 Juni 2021

BKK Pringsurat Disorot Dewan

TEMANGGUNG—Kalangan DPRD Kabupaten Temanggung mempertanyakan kondisi keuangan PD BKK Pringsurat. Sebab, progress BUMD milik Pemkab Temanggung itu tidak menggembirakan. Yang terjadi, tidak ada kontribusi pada pendapatan daerah. Ironisnya, muncul keluhan dari masyarakat yang kesulitan mencairkan dananya yang tersimpan di PD BKK Pringsurat.

Ketua Komisi C DPRD Kabupaten Temanggung, Slamet Raharjo, menuturkan, banyak keluhan dari nasabah BKK Pringsurat yang tidak bisa mencarikan dananya secara utuh. Padahal, dana yang dicairkan jumlahnya tidak tergolong besar. “Ini pertanda tidak bagusnya manajemen, pasti ada kesulitan keuangan.”

Anggota Fraksi Golkar Sejahtera DPRD Temanggung itu mempertanyakan tindakan dan kebijakan pemerintah daerah terkait kondisi manajemen PD BKK Pringsurat. “Perbankan adalah bisnis kepercayaan (trust). Jika tidak ada kepercayaan lagi seperti terjadi missmanagement, maka lembaga keuangan itu akan surut,” sentilnya.

Tidak sehatnya PD BKK Pringsurat juga menjadi sorotan fraksi-fraksi di DPRD. Salah satunya, Fraksi PDI Perjuangan. Sekretaris Fraksi PDI Perjuangan DPRD Temanggung Intan Kurniasari meminta Pemkab selaku pemilik saham, untuk bertanggung jawab atas keresahan nasabah. “Terutama soal mengembalikan dana masyarakat yang disimpan di perusahaan tersebut.”

Bupati Bambang Sukarno justru menyerahkan sepenuhnya masalah BKK Pringsurat ke ranah hukum. “Proses hukum saja, biar hukum yang bicara soal permasalahan yang saat ini melanda BKK Pringsurat.” Bupati Bambang mengatakan, sejauh ini Pemkab telah melakukan pemeriksaan administrasi BKK Pringsurat. Hasil pemeriksaan, sepenuhnya berada dan menjadi tangung jawab Inspektorat. “Inspektorat yang berhak melakukan pemeriksaan. Saat ini Inspektorat tengah melakukan pemeriksaan.”

Terkait kondisi BKK Pringsurat, lanjut Bambang, sudah tidak lagi sehat. Sehingga wajar jika diperiksa Inspektorat. “Kondisinya sudah tidak bagus, mau bagaimana lagi?” Bambang berharap adanya keterbukaan dalam pengelolaan BKK Pringsurat. Sehingga ketika ada permasalahan, bisa segera diselesaikan. “Transparan saja, tidak boleh ada yang disembunyikan.” (san/isk)

Latest news

Related news

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here