DOKUMEN PRIBADI RADAR SEMARANG
DOKUMEN PRIBADI RADAR SEMARANG

SEMARANG – Tim aju masing-masing kontingen dari 34 provinsi, Rabu (6/9) telah mengajukan berkas atlet yang akan turun di ajang Pekan Olahraga Pelajar Nasional (Popnas) XIV/2017 Jawa Tengah.

Berkas tersebut diantaranya rapot, Nomor Induk Siswa Nasional (NISN), akta kelahiran, ijazah, surat keterangan Kepala Sekolah, surat keterangan sehat untuk olahraga body contact, dan beberapa lainnya. Oleh tim keabsahan berkas akan dicross-check dengan data-data lain untuk menghindari adanya kecurangan.

“Ada beberapa masukan, dari pengalaman pelaksanaan sebelumnya ada atlet yang bermasalah. Seperti mencuri umur. Kami ingin mengantisipasi hal-hal seperti itu. Sehingga, tim keabsahan harus bener-bener teliti,” kata Kepala Seksi Olahraga Pendidikan dan Prestasi Disporapar Jateng Kuncoro DW.

Proses pemeriksaan keabsahan data dilakukan tim dari kementrian Pemuda dan Olahraga RI, PP BAPOPSI, dan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. Sementara itu, panitia  telah memastikan kesiapan pelaksanaan popnas XIV/2017 yang akan dibuka pada tanggal 12 mendatang. Baik kesiapan akomodasi, konsumsi, SDM dan yang lainnya.

Untuk akomodasi, panitia menyediakan 42 hotel di enam Kota, yakni Semarang, Kabupaten Semarang, Kendal, Surakarta, Grobogan dan Salatiga.”Termasuk personil yang akan melibatkan LO dari Unnes, Undip, UIN Walisongo, Unika, Udinus, Unaki, dan Unwahas. Mereka nanti sebagai penghubung di semua bidang dari tanggal 9-22,” imbuhnya.

Kesiapan, juga termasuk pada arena pertandingan. Meskipun demikian, Kuncoro mengatakan bahwa masih ada beberapa catatan yang harus dibenahi. Termasuk rawa pening yang akan digunakan sebagai arena cabor dayung. ”Karena Rawa Pening bisa disebut sebagai tempat yang baru. Meskipun tahun 80-an pernah untuk Kejurda,” ujarnya.

Meskipun pembersihan sudah dilakukan mencapai 95%, di rawa pening masih ada ganggang yang akan muncul di permukaan, mengingat saat ini sedang musim kemarau. Untuk mengatasinya, akan ada petugas yang akan membersihkan arena dayung setiap sebelum pertandingan.

”Untuk enceng gondok semua sudah diberaihkan. Lintasan sudah dibuat. yang menjadi persoalan adalah ganggang, karena gangga itu ada di bawah permukaan dan kalau kemarau ganggang ini akan naik,” pungkasnya. (cr4/bas)