24.9 C
Semarang
Rabu, 14 April 2021

RSUD Tambah Dokter dan Jam Layanan

spot_img
spot_img

BATANG-Manajemen Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kabupaten Batang berinisiatif menambah dokter spesialis dan penambahan jam layanan hingga sore hari bagi pasien rawat jalan. Seiring tingginya kebutuhan masyarakat Batang akan layanan kesehatan yang berkualitas.

“Kami sudah menyiapkan dokter spesialis baru, mulai dari THT, dokter mata dan dokter anak,” kata Direktur RSUD Kalisari Batang, dr Junaedi Wibawa saat di temui di ruang kerjanya di RSUD Kali Sari Batang, Rabu (6/7) kemarin.

Diungkapkan lagi, rumah sakitnya memang butuh tenaga dokter baru karena ada beberapa dokter spesialis yang sudah memasuki masa pensiun. Karena itu, tahun depan memang disetujui akan ada alat baru berupa CT scan serta dokter bedah syaraf. “Penambahan dokter spesialis, maka akan diikuti dengan menambah jam layanan bagi pasien rawat jalan. Jika sebelumnya hanya melayani pasien rawat jalan pada pagi hari, kini hingga sore,” katanya.

Hal tersebut, diakibatkan adanya penurunan jumlah pasien terutama pasien ASN yang lebih memilih dokter praktik swasta. “Penambahan buka jam operasional tak lain untuk meng-cover yang tidak kebagian pada pelayanan pagi, terutama bagi keluarga ASN yang cenderung memilih pada dokter praktik swasta yang tarifnya cukup mahal. Tapi kalau kami buka sore, ASN bisa memanfaatkan fasiltas BPJS,” kata dr Junaedi Wibawa.

Sementara itu, dengan adanya pendaftaran pasien rawat jalan secara online dan melalui SMS Gateway, membuat pelayanan di pagi ada kuotanya. Namun, pelayanan reguler atau pagi hari tetap, untuk permulaan jam operasional tambahan baru dilakukan minggu depan.

“Pelayanan layanan sore hari mulai pukul 16.00 sampai dengan 19.00, kami akan coba minggu depan. Dengan membuka poli anak dulu. Kalau sambutan masyarakat baik, RSUD akan membuka kesempatan dokter spesialis yang lainnya untuk membuka praktik sore hari,” katanya.

Kasi Pelayanan Medik RSUD Kalisari Batang, dr Nur Hidayati menambahkan, RSUD akan ada penambahan dokter spesialis yaitu dr Musyasaroh Sp THT-KL (K) Med, dr Mulyono SpA, dr Andhika Gunadarma SpM, dr Andirio Bahuga Sp OG dan dr Nurba’a Mastuti Utamai SpOG yang keahliannya tidak diragukan lagi.

“Untuk dr Mulyono SpA akan membuka layanan rawat jalan setiap Selasa dan Kamis sore pukul 16.00 dan Sabtu buka pagi pukul 09.00. dr Andhika Guna Dharma SpM akan mulai praktik Kamis sore pukul 16.00. Untuk dr Muyassoroh SpTHT–KL (K) Msi Med buka praktik setiap Sabtu pukul 09.00. Dan dr Nurbaa Mastuti Utami SpOG praktik setiap hari Senin, Selasa, dan Rabu,” katanya. (han/ida)

spot_img

Latest news

Related news

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here