PANTAU ATLET: Asisten pelatih nomor lompat jangkit dan jauh Nasikin (kanan) memantau latihan para atletnya di Stadion Bahurekso Kendal (IST).
PANTAU ATLET: Asisten pelatih nomor lompat jangkit dan jauh Nasikin (kanan) memantau latihan para atletnya di Stadion Bahurekso Kendal (IST).

SEMARANG – Asisten pelatih nomor lompat jangkit dan jauh tim Popnas Jateng, Nasikin, terus memperbaiki beberapa teknik lompatan awal (bloking) dan mendarat (landing). Perbaikan ini dilakukan guna memaksimalkan daya dorong kaki dan badan saat melompat.

“Saya sengaja memberi latihan dua hal tersebut, karena atlet-atlet pelajar banyak yang terkadang tidak menyadari kekeliruannya. Oleh sebab itu, kalau teknik betul tentu lompatan dan pendaratan akan jauh lebih maksimal,” kata Nasikin di Stadion Bahurekso Kendal.

Nasikin yang bekerja sama dengan pelatih lainnya Zen Zukri, menambahkan bahwa para atlet pelajar yang terpilih dalam Popnas kali ini, merupakan atlet-atlet terbaik yang sudah melalui berbagai kompetisi yang digelar Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PASI) Jateng dan PB PASI.

“Tim pelatih hanya tinggal memoles saja, serta memastikan mereka mampu bersaing dengan atlet-atlet lainnya. Tentu kami berharap dari atlet bisa memecahkan rekor lompatan terjauh dan tertinggi di Kejurnas Remaja dan Junior di Rawamangun yang lalu,” tambah Nasikin.

Pada Popnas kali ini, kontingen atletik nomor lompat akan diwakili tiga atlet saja, yakni Eunike Jessica dari SMA 1 Banyumas, Muhamad Dion dari SMA 1 Grobogan, dan Hani Rofikoh dari SMA 1 Pengadon Kendal. Mereka secara intensif berlatih terpusat di GOR Bahurekso Kendal sejak awal Agustus kemarin.

Tim atletik Popnas Jateng juga telah digodok di kejuaraan Jateng Open di Surakarta pada 19-20 Agustus kemarin. Dalam turnamen tersebut, Kepala Pelatih atletik Popnas Jateng Jojon Siswanto mengatakan turnamen turnamen tersebut sebagai turnamen pemanasan, sebelum berlaga di Popnas.

“Kami terus menimbang-nimbang kesiapan para atlet yang sedang dalam pemusatan latihan di Kendal. Yang pasti semua aspek kesiapan tim terus kami tingkatkan di sisa waktu ini,” pungkas Jojon. (bas)