SELAMAT : Ketua Kwarcab Pramuka Kota Magelang, Sumartono menyerahkan trofi kepada pemenang regu pramuka se-Kota Magelang (Humas Kwarcab Pramuka Kota Magelang for JP Radar Kedu).
SELAMAT : Ketua Kwarcab Pramuka Kota Magelang, Sumartono menyerahkan trofi kepada pemenang regu pramuka se-Kota Magelang (Humas Kwarcab Pramuka Kota Magelang for JP Radar Kedu).

MAGELANG – Ratusan pramuka penggalang dan penegak se-Kota Magelang mengikuti lomba tentang kepramukaan, akhir Agustus lalu di depan kantor Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar). Lomba tersebut untuk mengasah keterampilan serta pengembangan kemampuan mereka tentang kepramukaan.

Ketua Kwatir Cabang (Kwarcab) Pramuka Kota Magelang, Sumartono, Sabtu (2/9),  mengatakan, ada belasan jenis lomba pada lomba pramuka tingkat Kota Magelang tersebut. Di antaranya, giat ketangkasan dan kesamaptaan masing-masing kategori keanggotaan pramuka. Untuk tiap kategori, baik penegak dan penggalang masing-masing regu terdiri dari 10 orang putra dan putri.

“Untuk pramuka penggalang, digelar lomba peta pita dan peta lapangan, lomba pionnering. Kemudian, peraturan baris-berbaris, yel-yel, lomba menaksir, dan pengetahuan kepramukaan. Untuk pramuka penegak, lomba peta pita dan peta lapangan, lomba PBB, yel-yel, lomba pengetahuan kepramukaan, dan satu tambahan dibanding pramuka penggalang, yaitu adanya lomba survival,” jelas Sumartono.

Dalam lomba tersebut keluar sebagai juara, pramuka penggalang putri juara 1, 2 dan 3 masing-masing diraih oleh regu SMPN 2, SMPN 8, dan SMPN 4 Magelang. Sedangkan untuk penggalang putra, masing-masing juara 1,2 dan 3 meliputi SMPN 1, SMPN 3 dan SMPN 9 Magelang.

“Sedang untuk pramuka penegak putri juara 1, 2, 3 adalah SMAN 2, SMKN 2 dan SMAN 4. Adapun untuk juara penegak putra SMKN 1 juara pertama, di posisi kedua SMAN 5, dan juara ketiga SMAN 3 Magelang,” tutup Sumartono (cr3/lis)