TKI Kendal Sumbang 200 Ekor Kambing

150
HEWAN KURBAN : Kaum muslimin menyiapkan hewan kurban berupa sapi dan kambing untuk dibagikan kepada kaum fakir miskin dalam perayaan Idul Adha. (NUR CHAMIM/JAWA POS RADAR SEMARANG)
HEWAN KURBAN : Kaum muslimin menyiapkan hewan kurban berupa sapi dan kambing untuk dibagikan kepada kaum fakir miskin dalam perayaan Idul Adha. (NUR CHAMIM/JAWA POS RADAR SEMARANG)

KENDAL—Tenaga kerja Indonesia (TKI) Kendal yang tergabung dalam komunitas muslim Singapura menyerahkan 200 ekor kambing ke Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kendal. Yakni agar disalurkan ke panitia penyembelihan hewan kurban di sejumlah Panti Asuhan, Masjid dan Musala di Kendal.

Ketua Baznas Kendal, Muhammad Ubaidillah mengatakan jika Baznas sendiri kewalahan mengingat banyaknya kambing yang diserahkan. “Baznas tidak mampu untuk mendistribusikan hewan, maka rencananya kami akan bekerja sama dengan panitia kurban. Salah satunya dengan Masjid Agung Kendal,” katanya, Rabu (30/8) kemarin.

Rencananya, hari Jumat perwakilan warga muslim di Singapura, Ustad Pasuni Maulana mengikuti salat Idul Adha dan menyaksikan peyembelihan hewan kurban. “200 hewan kurban ini akan kami serahkan lagi ke panitia penyembelihan hewan kurban di sejumlah Musala yang mengajukan proposal,” tandasnya.

Sementara untuk jumlah hewan kurban masuk di Masjid Agung Kendal mengalami peningkatan. Sampai kemarin, jumlah Mudhohi atau orang yang kurban yang sudah menyerahkan hewan kurban tercatat 20 ekor kambing dan 9 ekor sapi. “Meningkat dari Lebaran kurban tahun sebelumnya yakni sebanyak 12 ekor kambing dan tujuh ekor sapi,” tandasnya.

Untuk pendistribusian ada dua cara yakni dengan dibagikan kambing dalam keadaan masih utuh atau hidup. Selain itu, ada pula yang dibagikan sudah berupa daging. Sebab kalau dibagikan berupa daging semua, panitia akan kesulitan. “Kami harus mengerahkan banyak tenaga untuk menyembelih hingga pembagian daging kurban. Jadi lebih hemat, kami serahkan hidup agar disembelih sendiri,” tambah Ketua Takmir Masjid Agung Kendal itu.

Selain penyembelihan hewan kurban, malam Kamis (31/1), pihak takmir Masjid Agung Kendal akan menggelar khitanan masal. Sedikitnya ada 110 anak yang akan dikhitan. “Sebelum dikhitan, anak-anak akan diarak menggunakan odong-odong, andong, dan becak yang sudah dihias,” kata Takmir Masjid Agung Miftahul Amin.

110 anak tersebut akan diberikan bingkisan berupa sarung, peci, baju muslim dan uang saku. “Kegiatan sunatan masal ini sifatnya gratis. Tadinya peserta kami batasi sampai 100. Tapi hingga hari terakhir, ternyata yang mendaftar melebihi kuota. Akhirnya panitia mengambil kebijakan kelebihan anak tetap kita khitan,” tambahnya. (bud/ida)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here