Proyek Infrastruktur Dongkrak Penjualan Truk

133
PROSPEKTIF : Chief Executive UD Trucks Aloysius Chrisnoadhi menyerahkan produk andalan mereka pada CV Dewi Ratih, salah satu konsumen yang bergerak di bidang rental alat berat (NURUL PRATIDINA/ JAWAPOS RADAR SEMARANG).
PROSPEKTIF : Chief Executive UD Trucks Aloysius Chrisnoadhi menyerahkan produk andalan mereka pada CV Dewi Ratih, salah satu konsumen yang bergerak di bidang rental alat berat (NURUL PRATIDINA/ JAWAPOS RADAR SEMARANG).

SEMARANG – Berbagai proyek pembangunan infrastruktur yang tengah dijalankan oleh pemerintah berdampak positif pada pasar kendaraan komersial, khususnya kelas medium dan heavy truck.

Chief Executive UD Trucks, Aloysius Chrisnoadhi mengatakan, tiga tahun lalu pihaknya mulai meluncurkan Quester, kendaraan komersil di kelas medium dan heavy truck. Dalam tiga tahun terakhir pertumbuhan produk tersebut cukup signifikan.

“Kami mulai meluncurkan di semester 2 tahun 2015, di tahun tersebut berhasil terjual sebanyak 800 unit, kemudian tahun 2016 sebanyak 1.750 unit dan semester satu di tahun ini telah berhasil terjual sebanyak 1.500 unit. Harapannya hingga akhir tahun bisa mencapai 2.500 unit,” ujarnya disela penyerahan 12 unit Quester pada CV Dewi Ratih, baru-baru ini.

Dari total penjualan yang mencapai lebih dari 4.000 unit dalam tiga tahun terakhir tersebut, konsumen terbesar ada pada segmen yang bergerak di sektor konstruksi. Kemudian diikuti sektor logistik dan industri yang bergerak di ekspor impor.

“Hampir 40 persen konsumen dari sektor konstruksi. Hal ini tak lepas dari program pemerintah yang menggenjot pembangunan infrastruktur. Jadi hingga beberapa tahun ke depan, kami perkirakan pasar medium dan heavy truck ini masih akan terus tumbuh,” ujarnya.

Branch Manager Sales Operation Cabang Semarang, Wisnu Wibowo menambahkan, khusus Jawa Tengah pasar medium dan heavy truck terbilang cukup baik. Sejauh ini Jawa Tengah dapat berkontribusi sebesar 10 persen dari total penjualan nasional.

“Tahun lalu kami menjual sebanyak 180 unit. Tahun ini hingga semester 1 penjualan sudah mencapai 150 unit. Harapannya hingga akhir tahun bisa mencapai 250 unit,” ujarnya.

Direktur CV. Dewi Ratih Rizki Amanda juga memiliki penilaian yang sama. Perusahaan yang bergerak di bidang rental alat berat ini menyewakan sejumlah kendaraan berkapasitas ringan, medium dan berat. “Dengan adanya proyek infrastruktur, permintaan sewa medium dan heavy truck cukup tinggi. Karena itu kami ambil Quester yang dari segi tampilan, teknologi dan inovasi kami nilai cukup bagus,” imbuhnya. (dna/ric)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here