PKB Ingin Duetkan Marwan-Sudirman

94

SEMARANG – Ketua umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar atau Cak Imin serius ingin menduetkan dua mantan menteri di era Jokowi di Pilgub Jateng 2018 mendatang. Yaitu mantan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Marwan Jafar dan mantan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said. Cak Imin pun telah menyebut dua nama itu sebagai Magadir. Singkatan dari Marwan menggandeng Sudirman.

Menurutnya, hanya ada satu nama dari internal dan eksternal yang masuk dalam radar PKB. “Sementara yang menonjol Marwan sama Sudirman,” katanya di kampus Undip Tembalang, Rabu (30/8).

Pihaknya ingin agar duet itu terealisasi untuk gelaran Pilgub mendatang. Duet itu sekaligus untuk mengimbangi kepopuleran gubernur petahana Ganjar Pranowo. “Kami berharap Marwan dan Sudirman bergabung,” tambahnya. Untuk merealisasikan keinginan itu, PKB terus menjalin komunikasi dengan partai lain. Komunikasi dilakukan secara intensif.

Duet Marwan-Sudirman sebelumnya disampaikan Ketua DPD Partai Gerindra Jateng Abdul Wachid. Wachid kala itu mengatakan, partainya intens menjalin komunikasi politik dengan beberapa parpol untuk penjajakan koalisi.

Komunikasi politik dengan PKB misalnya, telah intens dilakukan. Termasuk komunikasi langsung dengan Marwan. “Partai terus komunikasi misalnya dengan Mas Marwan. Marwan sama kita (sudah komunikasi) bicara mana yang terbaik,” kata Wachid. Sebagai bekal koalisi, Gerindra menawarkan nama-nama tokoh untuk dimungkingkan berpasangan, termasuk nama Sudirman Said.

Ketua DPW PKB Jateng, KH Yusuf Chudlori mengatakan, wacana yang dikembangkan Cak Imin yakni duet dua mantan menteri memang belum dimatangkan. Namun untuk komunikasi antar parpol, semisal dengan Gerindra dan lainnya sudah dilakukan.

“Tapi belum mengerucut pada dua-duanya. Sebab keduanya juga masih sosialisasi. Kita juga masih lakukan survei. Nanti pada saatnya mereka yang punya elektabilitas kuat itulah yang akan diusung,” katanya. (amh/ric)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here