Menanti Wajah Baru Stadion Jatidiri

971
SEGERA BERUBAH: Proses renovasi Stadion Jatidiri tahap kedua sudah dimulai kemarin. Sejumlah pekerja sudah mulai memoles wajah baru Stadion milik Pemrov Jateng itu (BASKORO SEPTIADI/JAWA POS RADAR SEMARANG).
SEGERA BERUBAH: Proses renovasi Stadion Jatidiri tahap kedua sudah dimulai kemarin. Sejumlah pekerja sudah mulai memoles wajah baru Stadion milik Pemrov Jateng itu (BASKORO SEPTIADI/JAWA POS RADAR SEMARANG).

SEMARANG – Setelah dipastikan molor, renovasi Stadion Jatidiri Semarang tahap kedua bakal segera terwujud awal September 2017 ini. Segala persiapan renovasi tahap kedua telah dilakukan mulai pekan ini.

Yang patut dinanti tentunya wajah baru Stadion yang dibangun tahun 1991 tersebut. Jika ditilik dari rencana awal, kapasitas Stadion Jatidiri akan ditingkatkan hampir dua kali lipat dari 20 ribu penonton menjadi sekitar 35 ribu.

Di tahap pertama yang telah selesai akhir 2016 lalu, pengerjaan renovasi Stadion fokus pada penambahan kapasitas tribun Selatan yang kini telah berdiri tegak. Di tahap kedua ini renovasuia kan merambat di pengerjaan tribun Timur dan Utara.

Ketua Komisi E DPRD Jateng, AS Sukawijaya mengatakan pengerjaan renovasi tahap kedua ini memang terjadi pengurangan volume lantaran molornya proses pengerjaan yang seharusnya dimulai awal tahun 2017 menjadi pertengahan tahun ini.

“Saat ini waktu yang dimiliki untuk menyelesaikan hanya sekitar empat bulan hingga Desember 2017. Karena kalau sampai gagal tahun ini dan dimulai lagi tahun 2018 kita akan kesulitan masalah penganggaran. Tidak gampang mencari anggaran yang sebegitu besarnya untuk melanjutkan pembangunan,” kata pria yang akrab disapa Yoyok Sukawi itu.

Dengan mepetnya waktu, pengerjaan renovasi tahap kedua dipastikan tidak akan tuntas.”Semestinya kalau kemarin tidak gagal tahun 2017 ini bisa menyelesaikan konstruksi atap, kursi, instalasi, rumput dan jogging track. Dengan kenyataan saat ini kemungkinan hanya akan menyelesaikan penambahan kapasitas tribun Timur dan Utara,” sambungnya.

Kemudian kekurangannya kata Yoyok akan dilanjutkan melalui penganggaran APBD tahun 2018 mendatang.“Sisa waktu tahun 2017 ini target struktur dan atap serta lapangan kami harap bisa selesai sehingga tahun 2018 tinggal menyelesaikan kekurangannya seperti misalnya lampu Stadion dan fasilitas-fasilitas pendukung lainnya. Memang cukup disayangkan karena volumenya berkurang, tapi ya aturannya seperti itu. Dan kami masih cukup optimistis renovasi berjalan dengan baik,” pungkas Yoyok Sukawi.

Sementara dari pantauan Jawa Pos Radar Semarang di lapangan kemarin proses renovasi Stadion Jatidiri kemarin mulai dilakukan oleh kontraktor. Sejumlah pekerja dan alat berat mulai didatangkan di sekitar Stadion. Awal bulan September besok renovasi tahap kedua mulai dikerjakan.

Pejabat Pembuat Komitmen (PPkom) Renovasi GOR Jatidiri Prambudi mengaku memaksa pelaksana proyek agar bekerja maksimal menyelesaikan renovasi tahap dua ini.  Hal itu, karena pelaksanaan renovasi Stadion Jatidiri sudah molor beberapa bulan sehingga penargetan akhir tahun dinilai pantas agar renovasi tahap ketiga bisa langsung dilaksanakan.

“Kita minta siang malam dilembur pengerjaannya. Agar 120 hari kerja bisa selesai. Kalau sudah Insyaallahbsegera lelang lagi. Bila sudah awal 2018 juga target mulai tahap ketiga. Pada tahap ketiga itu target lagi minimal waktu tujuh bulan selesai,” bebernya. (dan/bas)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here