Manfaatkan Sela Sawah dengan Ikan

95
TEBAR IKAN: Babinsa Koramil 08/Sapuran beserta PPL Sapuran menebar ikan Nila di sela persawahan (ISTIMEWA).
TEBAR IKAN: Babinsa Koramil 08/Sapuran beserta PPL Sapuran menebar ikan Nila di sela persawahan (ISTIMEWA).

WONOSOBO–Babinsa Koramil 08/Sapuran beserta PPL Sapuran melaksanakan pengiriman ikan Nila kepada empat kelompok tani. Yaitu, Rukun Tani, Karya Tani, Bendosari, dan Mangir. Bibit ikan Nila bantuan dari BPI (Balai Pembibitan Ikan) Magelang.

Kapten (Inf) Iwan Nafarin menyampaikan, pemberian bibit Nila diharapkan menjadi sumber penghasilan baru bagi petani. Caranya, dengan membudidayakan minapadi pada setiap kelompok tani yang mendapatkan bantuan.

“Per kelompok tani mendapat bantuan 12 ribu bibit ikan Nila, dengan luas lahan yang mereka garap bervariasi.” Dikatakan, sistem jajar legowo sangat cocok dikombinasikan dengan pemeliharaan ikan (minapadi legowo). “Sehingga hasil ikan yang diperoleh mampu menutup sebagian biaya usaha tani, sehingga dapat meningkatkan pendapatan petani.”

Teknologi legowo merupakan rekayasa teknik tanam dengan mengatur jarak tanam antarrumpun dan antarbarisan. Sehingga tanaman akan mudah berkembang, juga mempermudah penyiangan. “Selain itu, sinar matahari juga dapat masuk ke sela tanaman dengan leluasa. Banyak keuntungan yang didapat dengan menggunakan jajar legowo.” Faktanya, banyak petani merasa sayang dengan sela tanaman yang agak renggang. Padahal, sela tanaman yang agak renggang, bisa dijadikan ruang khusus untuk ikan berkembang. (ali/isk)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here