Ketua DPRD Ajak Jaga Semangat Gotong-Royong dan Jaga NKRI

Dari Peringatan HUT ke-72 RI di Dusun Tertinggi di Kabupaten Magelang

141
KEBANGSAAN : Ketua DPRD Saryan Adiyanto saat berorasi di hadapan ribuan warga di dusun tertinggi di Kabupaten Magelang, kemarin (DPRD KABUPATEN MAGELANG).
KEBANGSAAN : Ketua DPRD Saryan Adiyanto saat berorasi di hadapan ribuan warga di dusun tertinggi di Kabupaten Magelang, kemarin (DPRD KABUPATEN MAGELANG).

DPRD Kabupaten Magelang bekerja sama dengan masyarakat Dusun Butuh, Desa Temangung, Kecamatan Kaliangkrik, Kabupaten Magelang, menggelar pesta rakyat dalam rangka HUT ke-72 RI, Rabu (30/8).

Dari dusun tertinggi di Kabupaten Magelang itu, Ketua DPRD Saryan Adiyanto berharap supaya masyarakat terus menjaga semangat gotong-royong dan menjaga NKRI.

Saryan Adiyanto yang hadir dalam kegiatan itu memberikan apresiasi meriahnya kegiatan HUT RI di sana. Menurut Saryan, semangat gotong-royong di Dusun Butuh, tidak perlu diragukan lagi.

“Saya tidak perlu banyak bicara soal gotong-royong, karena masyarakat di sini sudah mempraktikkannya dan sudah menjadi budaya,” kata Saryan.

Salah satunya, tentu dengan melihat kemeriahan pesta budaya tersebut. Menurut politisi PDI Perjuangan itu, semua warga—tanpa terkecuali— terlibat menyemarakkan HUT ke-72 RI. “Saya hanya berpesan, jaga terus semangat gotong-royong ini jangan sampai terkikis dengan era modernisasi yang sekarang terjadi,” pesan Saryan.

Saryan juga mengajak agar masyarakat turut serta waspada menangkal ideologi yang bertentangan dengan Pancasila dan berujung pada ancaman keutuhan NKRI. “Jika ada orang yang datang kemudian mengajak untuk tidak menghormati NKRI dan Pancasila, maka harus ditolak. Mereka biasanya datang dan menyasar daerah pinggiran.”

Saryan juga mengapresiasi masyarakat, khususnya pemuda yang mulai bergeliat menata kawasannya menjadi tujuan wisata minat khusus. Sebagaimana diketahui, dusun setempat merupakan pintu masuk naik ke gunung Sumbing.

Dia berharap, potensi alam dan pertanian yang luar biasa, juga bisa dikenalkan kepada masyarakat lebih luas. Tujuannya, agar bisa bermuara pada kesejahteraan masyarakat. “Dari dusun tertinggi ini, mari kita gelorakan semangat membangun masa depan yang lebih baik demi bangsa dan negara, serta masyarakat,” pesan Saryan.

Dalam perayaan tersebut, warga berkumpul di lapangan dusun mengenakan pakaian unik kreasi masing-masing. Antusiasme luar biasa ditunjukkan warga yang tinggal di wilayah yang mempunyai ketinggian 1.700 meter di atas permukaan laut itu. “Ini adalah dusun tertinggi di Kabupaten Magelang. Lebih tinggi dari gunung Andong,” kata Lilik Setiyawan, Kadus Butuh.

Pada pesta rakyat itu, hampir 3000 warga terlibat di dalamnya. Dari sembilan RT, masing-masing menampilkan hiburan. “Terima kasih atas kehadiaran dan dukungan DPRD dalam acara ini.” (adv)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here