Beri Motivasi pada Peserta Robotik SD Mutual

Ketika Dosen Malaysia Beri Coach Clinic Robotik

136
COACH CLINIC: Dosen pengarah robotik dari Universitas Putra Malaysia, Dr. Khoirul Mizam Syamsudin, sedang memberikan coach clinic tetang robotik kepada siswa SD Muhammadiyah 1 Magelang, Sabtu (26/8) lalu (AGUS HADIANTO/JAWA POS RADAR KEDU).
COACH CLINIC: Dosen pengarah robotik dari Universitas Putra Malaysia, Dr. Khoirul Mizam Syamsudin, sedang memberikan coach clinic tetang robotik kepada siswa SD Muhammadiyah 1 Magelang, Sabtu (26/8) lalu (AGUS HADIANTO/JAWA POS RADAR KEDU).

Dosen teknik dari Universitas Putra Malaysia, Dr. Khoirul Mizam Syamsudin, memberikan coach clinic robotik kepada siswa klub robotik SD Mutual Kota Magelang, Sabtu (26/8) lalu. Kedatangan sang doktor dari Malaysia tersebut, sebagai kunjungan untuk memperkenalkan robotik kepada siswa-siswi SD.

“TUJUAN kami adalah mendekatkan kaidah pembelajaran robotik secara tepat kepada anak-anak. Pembelaaran robotik kepada peserta didik tingkat sekolah dasar, sangat penting karena dalam robotik itu sendiri mengajak anak agar berpikir logis,” kata Khoirul Mizam, ditemani Guru Sekolah Kebangsaan Farid Setongkat Kualalumpur, Saeful Abdullah, di sela-sela kunjungannya.

Khoirul menjelaskan, untuk masa sekarang, teknologi robotik sangat penting, karena perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi sangat pesat. Indonesia, , menurut kacamata Khoirul, sedang berkembang dan terbilang cukup maju dalam pengembangan robotik.

“Namun, perlu kami tekankan bahwa lebih baik membuat sendiri robotik dengan bahan-bahan yang ada, tanpa membeli perangkat yang siap pasang. Nah, anak-anak tingkat dasar harus perlu diarahkan ke situ,” papar Khoirul.

Di Malaysia sendiri, menurut Khoirul, pembelajaran robotik di tingkat Sekolah Kebangsaan (sekolah dasar), sudah berkembang. Bahkan, kerap tampil di ajang tingkat internasional. “Saat ini kami sendiri sebagai pembina 20 tim yang akan berlaga di lomba robotik tingkat internasional,” ucap Khoirul.

Terkait kunjungannya di SD Mutual Kota Magelang, Khoirul mengaku senang melihat anak-anak SD Mutual sudah mampu berkreativitas membuat robotik. “Ke depan, bisa lebih dikembangkan. Apalagi tadi informasi dari bapak kepala (sekolah), bahwa tim robotik SD Mutual meraih juara dalam kontes robotik. Sangat membanggakan,” puji Khoirul.

Kepala SD Mutual, Mustaqim, mengaku sangat senang atas kunjungan dosen dan guru dari Malaysia. Mustaqim berharap, kedatangan dosen teknik robotik dari Malaysia, bisa memberikan motivasi kepada anak-anak peserta robotik di SD Mutual.

“Harapan kami, kunjungan ini akan berlanjut. Kami juga akan MoU dengan Universitas Putra Malaysia mengenai kerja sama kunjungan balasan agar nantinya anak-anak bisa belajar robotik di sana.”

Terkait siswa peserta robotik di SD Mutual, Mustaqim menjelaskan, pihaknya ada kelas ekstrakurikuler robotik. Pesertanya, 40 siswa dari kelas 3 dan 4. Mustaqim mengakui, saat ini pihaknya sedang getol mengembangkan robotik. “Informasi yang kami dapat barusan, tim robotik kami juara 2 pada lomba robotik se-Jawa Tengah.” (cr3/isk)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here