Beranda Jateng Wonosobo Bangun TPAS, Libatkan 6 Desa

Bangun TPAS, Libatkan 6 Desa

Others

WONOSOBO—Setelah dua pekan sebelumnya deklarasi ‘Dieng Bersih Harga Mati’ dilakukan Muspida Wonosobo dengan aksi bersih-bersih kawasan Dieng, Selasa (29/8), enam desa di Dieng mendeklarasikan hal serupa.

Enam desa yang dimaksud adalah Desa Sembungan, Sikunang, Jojogan, Patak Banteng, Parikesit, dan Dieng Wetan. Mereka sepakat untuk menjaga Dieng bersih dan bebas dari sampah.

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Wonosobo, One Andang Wardoyo, menyebut, deklarasi sebagai langkah maju yang sangat berarti bagi upaya memajukan Dieng. Yakni, sebagai destinasi wisata unggulan berkelas Internasional.

Langkah berikutnya, tutur Andang, bakal secepatnya diikuti pembangunan Tempat Pembuangan Akhir Sementara (TPAS). TPAS rencananya dibangun di Dusun Siterus, Desa Sikunang.

“Tentu kami bersyukur langkah untuk membenahi sampah di kawasan Dieng, mendapat dukungan dari warga masyarakat,” kata Andang ketika ditemui di sela acara bersih-bersih sampah di Dusun Siterus.

Ke depan, Andang berharap komitmen masyarakat untuk bersama-sama Pemkab, menjaga Dieng agar tetap bersih. Sehingga wisatawan yang berkunjung ke Negeri di Atas Awan, merasakan kenyamanan serta menambah masa kunjungan ke Dieng. “Semakin lama wisatawan tinggal di Dieng, imbasnya tentu ke perputaran ekonomi warga masyarakat juga.”

Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Supriyanto juga menyampaikan harapan yang sama. Menurut Supriyanto, tumbuhnya kesadaran warga mendukung Dieng Bersih, tidak serta-merta membuat Dieng benar-benar bersih. Butuh proses dan tahapan berjenjang. “Butuh pendampingan dan motivasi. Baik dari LSM peduli lingkungan maupun Pemkab.”

Untuk itu, enak desa bakal dilibatkan pada pembangunan TPAS di Siterus. Termasuk dalam hal keterlibatan dana transfer desa untuk pembangunan Tempat Penampungan Sampah Terpadu (TPST) di desa masing-masing.

“Tahapan sebelum sampah dibuang di TPAS adalah masyarakat harus mampu memilah sampah di tingkat keluarga. Apakah masih dapat dimanfaatkan atau tidak, termasuk apakah dapat diolah kembali menjadi produk yang bernilai manfaat dan ekonomi.” Terkait lokasi TPAS, lahan yang dibutuhkan seluas 2.000 meter per segi. (cr3/isk)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

12,293FansSuka
35PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

Latest News

Huawei HSBC

Tanpa Angpao

Naik Lagi

Related News

Huawei HSBC

Tanpa Angpao

Naik Lagi

Penantian D-dimer