FBIK Unissula Cetak Guru dan Linguist Profesional

spot_img

Guru adalah seorang pendidik sebagai insan yang mulia dan berjasa. Dari merekalah tanggungjawab mendidik generasi yang cerdas dan cakap serta sanggup melaksananakan tugas terhadap diri, keluarga, masyarakat dan negara.

Peranan guru yang luas baik sebagai pendidik, pembimbing dan pendorong sekaligus sebagai penyampai ilmu, penggerak dan penasihat. Terkait tugas dan tanggungjawabnya yang besar inilah, tugas guru adalah profesi yang sangat mulia. Kemuliaan seorang guru datang karena ia merupakan sosok yang berperan penting dalam membawa masa depan seorang anak didiknya.

Selain itu tingkah lakunya sepaturnya bisa menjadi teladan bagi semua orang. Inilah yang menjadi nilai lebih profesi ini dibandingkan dengan profesi lain, benar-benar istimewa bekerja sebagai guru.

Dengan belajar di program studi Pendidikan Bahasa Inggris Fakultas Bahasa dan Ilmu Komunikasi Unissula (FBIK) akan dipersiapkan untuk menjadi guru yang sadar akan tugas dan tanggung jawabnya, karena prodi Pendidikan Bahasa Inggris berorientasi pada penyiapan calon – calon guru mata pelajaran Bahasa Inggris baik di tingkat dasar maupun tingkat menengah.

Baca juga:   Pembelajaran TIK selama Pandemi Gunakan Vidio dan Power Point

Dengan demikian, disamping keterampilan berbahasa, mahasiswa pada prodi ini akan belajar mengenai hal-ikhwal pembelajaran dan pengajaran seperti filsafat pendidikan, pengembangan kurikulum, pengujian keterampilan berbahasa dan lain-lain.

Bahasa Adalah Kunci

Seorang sosiolog dari Jerman, Jurgen Habermas dalam bukunya “Knowledge and interest” mengatakan bahwa dengan berbahasa manusia mencapai pemahaman (verstehen) dan kemufakatan (verstoendigung), baik terhadap diri sendiri maupun terahdap warga masyarakat. Bahasa menjadi “a key to the world”, di mana akses komunikasi dan informasi akan terjalin melalui perantara bahasa.

Persaingan global ini juga memiliki keterkaitan secara erat dengan kemampuan berbahasa. Artinya bahasa internasional menjadi suatu kebutuhan penting untuk berkomunikasi, menggali atau memperoleh informasi maupun berbagi informasi. Bahasa Inggris menjadi bahasa yang paling umum digunakan di seluruh dunia.

Hal inilah yang menyebabkan bahasa Inggris menjadi bahasa utama dan dianggap lingua franca (bahasa pergaulan) di berbagai belahan dunia. Prodi Sastra Inggris FBIK Unissula,  berorientasi pada penyiapan mahasiswa untuk menjadi ahli bahasa (linguist) yang menguasai baik keterampilan berbahasa maupun ilmu-ilmu bahasa dan sastra.

Baca juga:   Mengevaluasi Pembelajaran Guru PAI

Disamping keterampilan berbahasa, mahasiswa pada prodi ini akan belajar tentang ilmu linguistik seperti sosiolinguistics, psycholinguistics, discourse, prosa, puisi, psikologi sastra dan sebagainya. Karena yang akan dicapai adalah keterampilan berbahasa, maka sebagian besar perkuliahan khususnya mata kuliah language skills lebih menekankan pada praktik.

Beberapa hal tersebut di ataslah yang menjadikan berlajar di Fakultas Bahasa dan Ilmu Komunikasi Unissula menjadi sangat menyenangkan. (*)

Author

Populer

Lainnya