32 C
Semarang
Jumat, 25 Juni 2021

Latihan Dengan Peralatan Seadanya

SEMARANG– Tim panahan Pekan Olahraga Pelajar Nasional (Popnas) Jateng terus mengoptimalkan persiapan, meski menggunakan peralatan seadanya.

Heri Febriyanto, salah seorang asisten pelatih cabang panahan mengatakan bahwa persiapan untuk mengikuti Popnas dimulai sejak Juli. Setiap hari latihan mulai pukul 08.00-14.30 WIB.

“Persiapannya sudah lumayan, cuma peralatan belum turun semua. Belum lengkap. Tetapi anak-anak siap memakai peralatan sendiri. Seadanya gitu lah,” kata Heri.

Selama ini, lanjut Heri, belum ada latihan tanding dengan atlet luar Semarang. Karena sisa waktu latihan tinggal 12 hari lagi.

“Sebenarnya ada latihan tanding melawan Jogja. Hanya saja sampai sekarang belum ada kabar. Kemungkinan tanding keluar tidak ada, karena waktunya mepet,” ujar Heri.

Atlet panahan ini berasal dari pelajar di berbagai wilayah di Semarang, seperti Solo, Klaten, Pekalongan, melalui seleksi. Setiap wilayah diambil 3 terbaik dari setiap devisi dan gender. Sebagian anak lainnya berasal dari Pusat Pendidikan Latihan Pelajar (PPLP). 18 atlet panahan akan bertanding di 3 nomor kejuaraan nasional, compound dan recurve. Setiap nomornya ada 2 jenis perlombaan individu dan grup. Dalam grup terdiri dari 3 orang.

Pihaknya memasang target dua emas dalam Popnas ini. Karena pada tahun ini perkembangannya lebih baik dibanding tahun sebelumnya.

“Tahun lalu sedikit turun, karena bibit-bibitnya belum muncul. Sedangkan sekarang mulai banyak,” terangnya.

Variasi latihan diberikan untuk memompa semangat para atlet. Misalnya, adanya target skor yang harus dicapai serta latihan dari pagi sampai sore untuk melatih kekuatan mental. Jika diprosentase, kesiapan untuk bertanding di POPNAS ini 80 persen siap.

“Tetap optimis saja untuk mendapatkan emas. 80 persen anak-anak siap bertanding di Popnas,” tandasnya.

Tea,12, salah satu atlet panahan termuda jenis nasional yang menjadi andalan mengatakan bahwa dirinya merasa senang mengikuti latihan persiapan Popnas.

Seneng sih, disini dapet pengalaman baru juga temennya banyak,” kata atlet asal Solo. (mg34/mg35/zal)

Latest news

Related news

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here