Beranda Jateng Magelang ‘Bung Karno’ Kejutkan Warga

‘Bung Karno’ Kejutkan Warga

Others

MAGELANG–Ada yang menarik sekaligus menggelitik pada karnaval pembangunan Kota Magelang, Sabtu (26/8) lalu. Beberapa penonton mendadak kasak-kusuk. “Eh itu ada Bung Karno! Mirip ya,” tutur Rachmawati, 42, warga Potrobangsan, Kecamatan Magelang Utara, sembari menunjuk sosok mirip Bung Karno yang berjalan tegak, diiringi sejumlah pejabat di depan panggung kehormatan. Pejabat yang mengiringi di antaranya Wakil Wali Kota Windarti Agustina, Kapolres Magelang Kota AKBP Hari Purnomo dan sejumlah anggota DPRD.

Penonton karnaval lainnya, juga nyeletuk, “Wah, Bung Karno hidup lagi,” teriak Mbah Jarwo, 60, warga Kampung Boton, juga menunjuk pada sosok yang dimaksud. Ribuan pasang mata penonton yang berada di depan panggung kehomatan pun tertuju pada “Bung Karno” yang siang itu mengenakan baju kebesaran ala militer, berpeci, berkaca mata hitam, dan tidak lupa memegang tongkat komando. “Walah….itu ternyata Pak Wali Kota, Pak Sigit…..hahahaha….” ucap Dimas, 46, warga Menowo, yang mengenali sosok itu. “Kok mirip sekali ya,” sambung pria yang mengajak sang istri dan dua anaknya menonton karnaval pada siang yang terik itu.

Ya, sosok “Bung Karno” itu tidak lain adalah Wali Kota Sigit Widyonindito. Pada karnaval kali ini, Sigit seolah ingin memberikan kejutan pada ribuan warganya yang sudah rela berpanas-panasan demi menonton jalannya karnaval. Ia mengenakan uniform yang khas dikenakan oleh Bung Karno pada acara-acara resmi kenegaraan di eranya.

Dan, Bung Karno KW itu pun menyapa deretan warga yang berjubel menonton karnaval. Pak Wali melambaikan tangan kepada warga. Juga pejabat lain yang mendampinginya. “Saya ajak semua yang ada di sini untuk memekikkan Merdeka tiga kali. Merdeka, merdeka, merdeka,” ucap Wali Kota Sigit sekaligus membuka kegiatan karnaval. Tidak hanya itu, “Si Bung” juga berkenan menari Topeng bersama para pejabat lainnya, termasuk Kapolres AKBP Hari Purnomo.

Karnanal diawali dengan dentuman Marching Band Canka Lokananta dari Akademi Militer (Akmil) Magelang. Setelah itu, disusul peserta lain dari instansi pemerintahan (OPD), sekolah, swasta, dan umum. Ribuan masyarakat tumpah ruah di sepanjang jalan yang dilalui karnaval. Antusiasme masyarakat sangat tinggi. Sebagian warga bahkan terpaksa naik ke atas pohon, untuk sekadar menyaksikan jalannya karnaval yang menampilkan berbagai kesenian, mobil hias, kostum, maupun kekhasan wilayah. Total ada 115 peserta karnaval. Ketua Panitia Kegiatan, Taufiq Nurbakin, merinci, sebanyak 115 peserta terdiri atas 89 mobil hias, 8 drum band, dan sisanya dari kelompok kesenian. (put/isk)

Stay Connected

12,290FansSuka
35PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

Latest News

Semut Raksasa

Related News

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here