24 C
Semarang
Senin, 19 April 2021

Gerindra Kerucutkan Tiga Nama

spot_img
spot_img

SEMARANG – DPD Partai Gerindra Jateng telah menentukan tiga nama yang digadang-gadang bakal meramaikan bursa Pilgub Jateng 2018 mendatang. Mereka adalah Ketua DPD Gerindra Jateng Abdul Wachid, Wakil Ketua DPP Gerindra Ferry Julianto, serta mantan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said.

Ketua Desk Pilkada Gerindra Jateng sekaligus Wakil Ketua DPD Gerindra Jateng, Sriyanto Saputro menjelaskan, sebelumnya, selain tiga nama tersebut, ada sejumlah nama lain yang masuk dalam radar partai.

Saat ini, masing-masing dari tiga nama itu diminta untuk segera melakukan sosialisasi kepada seluruh warga Jateng. Harapannya agar pada hasil survei yang saat ini sedang dilakukan Partai Gerindra, popularitas mereka sudah tinggi. Sebab, hasil survei itu menjadi salah satu pertimbangan DPP untuk menentukan rekomendasi.

Sementara ini DPD Gerindra Jateng tengah menjalin komunikasi dengan parpol lain demi menjalin koalisi. “Kursi kami belum mencukupi (untuk mengusung calon sendiri). Maka kami membuka diri untuk koalisi dengan parpol lain,” katanya kepada awak media, Minggu (27/8).

Diakui, sudah ada sejumlah partai yang mengerucut. Mulai PKS, PAN, PKB, Demokrat, dan Golkar. Dia pun berharap, jika sejumlah parpol itu sepakat menjalin koalisi, bisa duel head to head dengan PDIP di Pilgub mendatang.

Mengenai langkah politik, Sriyanto mengaku tak ingin menunggu PDIP yang kini sedang proses penjaringan bakal calon. Termasuk diharapkan dalam penentuan calon melalui koalisi besar tak harus menunggu siapa nama yang direkomendasikan DPP PDIP. “Tak harus menunggu last minute di PDIP,” tegasnya.

Wakil Ketua Umum DPP Partai Gerindra, Ferry Julianto menambahkan, dirinya serius untuk maju dalam kontestasi Pilgub Jateng 2018. Sebagai wujud keseriusannya, dia telah menggandeng partai politik lain untuk bisa bekerjasama dalam koalisi  “Pak Prabowo saat 17 Agustus kemarin, sudah meminta saya  untuk melanjutkan sosialisasi di Pilgub Jateng. Maka saya serius, termasuk mendatangi parpol-parpol,” ujarnya.

Kemarin, dia mendatangi kantor DPW Perindo Jateng untuk bersilaturahmi. Kehadirannya, disambut oleh jajaran pengurus Perindo Jateng beserta pengurus Perindo kabupaten/kota se Jateng. “Saya merasa dapat penghormatan dari keluarga besar Perindo,” katanya.

Menurutnya, Perindo merupakan partai sahabat Gerindra yang selama ini selalu bekerja bersama. Mulai gelaran Pilpres 2014, Perindo banyak membantu pasangan Prabowo-Hatta. Terakhir, juga membantu kemenangan di Pilkada DKI. “Alasan itu membuat saya ke Perindo untuk bersilaturahmi. Karena banyak persamaan, menghadapi lawan yang sama di Jateng. Pertemuan ini memperkuatkan perjuangan yang sama,” katanya.

Mengenai isu yang berkembang di Jateng bahwa ada akan ada gerakan koalisi besar untuk menciptakan head to head melawan dominasi parpol terbesar di Jateng, Ferry sepakat dengan hal tersebut.

“Saya setuju dengan pendapat head to head dan koalisi besar. Maka Gerindra juga akan ngajak lainnya bukan hanya PKS, tapi juga PKB dan lainnya. Itu hal baik untuk menghadapi lawan sama butuh kekuatan besar,” tegasnya. (amh/ric)

spot_img

Latest news

Related news

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here