KUATKAN DEFENSE: Tim basket Popnas Jateng (Putih) menghadang pemain tim basket Undip saat laga latihan di GOR Sahabat (DIAZ AZMINATUL ABIDIN/JAWA POS RADAR SEMARANG).
KUATKAN DEFENSE: Tim basket Popnas Jateng (Putih) menghadang pemain tim basket Undip saat laga latihan di GOR Sahabat (DIAZ AZMINATUL ABIDIN/JAWA POS RADAR SEMARANG).

SEMARANG – Tim basket putra dan putri Jateng yang dipersiapkan menghadapi Pekan Olahraga Pelajar Nasional (Popnas) terus mempersiapkan diri. Salah satunya dengan memperbanyak melakukan uji coba.

Yang terbaru, anak-anak Jateng telah melakoni laga uji coba versus tim basket Undip Semarang di GOR Sahabat  Sabtu (26/8) pagi.  Dalam beberapa pertandingan uji coba yang dilalui, sudah ada evaluasi untuk tim, baik strategi permainan dan kemantapan tim untuk menghadapi Popnas 10-21 September mendatang.

Asisten manajer tim basket Popnas Jateng, Xaverius Wiwid mengatakan adu tanding itu menjadibyang terakhir sebelum menghadapi Popnas Jateng 2017 sebagai tuan rumah. “Apapun hasilnya ini tidak jadi patokan untuk pertandingan saat Popnas. Meskipun saat latihan kita selalu leading dari lawan ini tidak akan jadi patokan. Karena tentu atmosfer pertandingan saat Popnas berbeda. namun semua hasil uji coba akan kami gunakan sebagai bahan evaluasi,” katanya.

Uji coba tersebut kata Wiwid digunakan untuk mematangkan mental tim Jateng menghadapi Popnas. “Pemain rata-rata usia dibawah 17 tahum secara emosional berbeda dengan pemain profesional. Kita tidak tahu apa yang terjadi, kita latihan terus saat ini,” lanjutnya.

Saat ini, kata Wiwid, pada tim putra masih dilakukan seleksi. Dimana terdapat 15 pemain yang akan dikerucutkan menjadi 12 pemain untuk berlaga pada Popnas. Pada tim putri sudah dipastikan 12 pemain yang pasti memperkuat tin basket Popnas Jateng.

Sebagai ajang pemanasan terakhir, tim basket akan mengikuti Kejurnas  di Surabaya tanggal 3-9 September 2017. Ia mengharapkan dari ajang latihan yang sekaligus sebagai kejuaraan itu tim basket dapat menambah jam terbang. Sehingga siap untuk bertanding pada Popnas 2017 sebagai tuan rumah dalam waktu dekat ini. (dan/bas)