32 C
Semarang
Jumat, 18 Juni 2021

Karangan Bunga Diminati Pengunjung

Pekan Raya Kajen 2017

KAJEN–Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Pekalongan, menggelar Lomba Karangan Bunga dari kain perca atau kain batik sisa di Aula Setda Pekalongan, Jumat (25/8) kemarin. Lomba diikuti 32 peserta yang terdiri atas kategori SMP, SMA, dan Umum.

Karangan bunga yang dilombakan berupa ucapan Hari Jadi ke-395 Kabupaten Pekalongan dengan menggunakan bahan minimal 70 persennya kain perca atau kain batik sisa yang banyak ditemui di rumah industri batik di Kabupaten Pekalongan. Hasilnya, karangan bunga tak kalah cantik dari karangan bunga yang biasa dibuat oleh para florist. Bahkan, banyak pengunjung Pekan Raya Kajen yang ingin membeli karya para peserta lomba tersebut.

Seperti karangan bunga dengan tema Kabupaten Pekalongan Kota Santri, yang berbahan kain batik bermotif kawung dan bergambar Bupati Pekalongan Asip Kholbihi dan Wakil Bupati Pekalongan, Arini Harimurti. Karya dari siswa SMA ini, diminati banyak pengunjung.

“Karangan bunganya bagus, bahkan lebih bagus dari karangan bunga karya para florist. Kalau boleh dijual, saya berminat untuk membeli,” ungkap Suherman, warga Keurahan Kramatsari, Kota Pekalongan, yang berkunjung ke Pekan Raya Kajen.

Sementara itu, Ketua Dekranasda Kabupaten Pekalongan, Dra Hj Munafah Asip Kholbihi mengatakan bahwa lomba karangan bunga ini, merupakan program Dekranasda tahun 2017, untuk memeriahkan Hari Jadi ke-395 Kabupaten Pekalongan. Lomba tersebut bertujuan memanfaatkan limbah kain perca, serta mengajarkan jiwa wirausaha di kalangan masyarakat Kabupaten Pekalongan.

Menurutnya, setelah diadakannya lomba, peserta bisa membuat karangan bunga kain perca dan hasilnya bisa dipamerkan di ruang gelary Dekranasda untuk dijual. “Melalui lomba ini, perajin bisa memenuhi pesanan karangan bunga dari pelanggan, sehingga meningkatkan ekonomi perajin serta bisa menyerap tenaga kerja,” kata Munafah.

Hasil lomba dinilai oleh dewan juri yang terdiri atas desainer Raswadi, Heny Turniawaty dari Henny Craft, dan Ketua Dekranasda Kabupaten Pekalongan sendiri. Hasil lomba akan diumumkan pada saat penutupan Pekan Raya Kajen, pada 30 Agustus mendatang. (thd/ida)

Latest news

Related news

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here